PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA ANAK KELOMPOK B TKIT KHULAFAUR RASYIDIN KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.author Andini, Enjelin Okta
dc.date.accessioned 2023-03-30T01:00:27Z
dc.date.available 2023-03-30T01:00:27Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2630
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan perkembangan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita anak kelompok B TKIT Khulafaur Rasyidin Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Keterampilan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita anak kelompok B lalu metode bercerita dapat di terapkan oleh guru TKIT Khulafaur Rasyidin Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Kendala yang dihadapi oleh guru dengan metode bercerita anak kelompok B TKIT Khulafaur Rasyidin Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu anak kelompok B, guru kelas B, guru ektrakulikuler bercerita dan orang tua anak kelompok B TKIT Khulafaur Rasyidin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian maka digambarkan sebagai berikut: 1) Pengumpulan data 2) Reduksi data 3) Display data dan 4) Menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan perkembangan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita di TKIT Khulafaur Rasyidin memiliki empat tahapan yaitu tahap persiapan, pembukaan, inti dan penutup. Penerapan metode bercerita juga dilakukan pada kegiatan ekstrakulikuler bercerita untuk anak. 2) Keterampilan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita anak kelompok B TKIT Khulafaur Rasyidin sangat baik. Adapun keterampilan berbahasa yang muncul yaitu: Anak mampu menjawab pertanyaan lebih kompleks, berkomunikasi secara lisan, menyusun kalimat sederhana, memiliki banyak kosa kata, dan mampu melanjutkan sebuah cerita yang telah diperdengarkan. 3) Kendala yang di hadapi guru dalam menggunakan metode bercerita adalah adalah fasilitas sarana prasarana pendukung pelaksanaan metode bercerita yang masih kurang dan anak-anak yang kurang fokus karena cerita yang disajikan guru terlalu monoton. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Berbahasa en_US
dc.subject Bercerita en_US
dc.subject Anak usia dini en_US
dc.title PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA ANAK KELOMPOK B TKIT KHULAFAUR RASYIDIN KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account