dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyaknya siswa yang
belum fasih dalam membaca Al-Qu’an dan kurangnya motivasi dari diri siswa
untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kemampuan membaca
Al-Qur’an pada siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sayan Melawi, sejauh
mana keterampilan siswa dalam membaca Al-Qur’an, serta kendala yang
dihadapi oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam
membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
jenis penelitian lapangan (field researh). Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner/angket, observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Analisis data dimulai pada sejak pra penelitian sampai dengan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru PAI di SMA Negeri 1
Sayan Melawi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca AlQur’an adalah (1) dengan menggunakan strategi Reading Aloud dengan
melakukan kegiatan tadarus selama 15-20 menit di awal pembelajaran. Siswa
akan membaca Al-Qur’an secara bergiliran dan langsung dikoreksi
bacaannya oleh guru kemudian guru menyuruh siswa belajar membaca AlQur’an di rumah dengan keluarga atau di TPA. (2) siswa yang terampil dalam
membaca Al-Qur’an hanya beberapa orang dan selebihnya masih terbata-bata
dan ada yang tidak bisa sama sekali. (3) kendala yang dihadapi oleh guru yaitu
kemampuan dasar siswa tidak ada, motivasi dari diri siswa masih rendah,
serta tidak ada dorongan dari keluarga. Sehingga guru memberikan solusi
yaitu dengan lebih berfokus pada anak yang belum fasih serta adanya tutor
sebaya dimana siswa yang sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an akan
membantu siswa yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. |
en_US |