UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SMA NEGERI 1 SAYAN MELAWI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, M
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author Yati, Sri
dc.date.accessioned 2023-03-24T03:45:21Z
dc.date.available 2023-03-24T03:45:21Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2582
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyaknya siswa yang belum fasih dalam membaca Al-Qu’an dan kurangnya motivasi dari diri siswa untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Sayan Melawi, sejauh mana keterampilan siswa dalam membaca Al-Qur’an, serta kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field researh). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket, observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dimulai pada sejak pra penelitian sampai dengan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru PAI di SMA Negeri 1 Sayan Melawi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca AlQur’an adalah (1) dengan menggunakan strategi Reading Aloud dengan melakukan kegiatan tadarus selama 15-20 menit di awal pembelajaran. Siswa akan membaca Al-Qur’an secara bergiliran dan langsung dikoreksi bacaannya oleh guru kemudian guru menyuruh siswa belajar membaca AlQur’an di rumah dengan keluarga atau di TPA. (2) siswa yang terampil dalam membaca Al-Qur’an hanya beberapa orang dan selebihnya masih terbata-bata dan ada yang tidak bisa sama sekali. (3) kendala yang dihadapi oleh guru yaitu kemampuan dasar siswa tidak ada, motivasi dari diri siswa masih rendah, serta tidak ada dorongan dari keluarga. Sehingga guru memberikan solusi yaitu dengan lebih berfokus pada anak yang belum fasih serta adanya tutor sebaya dimana siswa yang sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an akan membantu siswa yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Upaya Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SMA NEGERI 1 SAYAN MELAWI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account