dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang ada di SMP
Negeri 01 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang yaitu kemampuan siswa dalam
membaca dan menulis ayat Al-Quran sehingga mempengaruhi kegiatan belajar
dan mengajar didalam kelas. Dengan begitu guru Pendidikan Agama Islam
membuat dan menggunakan program Tuntas Baca Tulis Quran (TBTQ) guna
membantu kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-Quran. Penelitian
ini bertujuan guna mendeskripsikan tentang: (1) Pelaksanaan Membaca Al-Quran
Pada Program Tuntas Baca Tulis Quran (TBTQ) Pada Siswa Di SMP Negeri 01
Tumbang Titi Kabupaten Ketapang. (2) Pelaksanaan Menulis Al-Quran Pada
Program Tuntas Baca Tulis Quran (TBTQ) Pada Siswa Di SMP Negeri 01
Tumbang Titi Kabupaten Ketapang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif, Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan:
(1) Pelaksanaan kegiatan membaca Al-Quran dalam program Tuntas Baca Tulis
Quran adalah membaca ayat pendek bersama-sama setelah itu membaca ayat AlQuran satu persatu secara bergilir. Adapun aspek dalam membaca Al-Quran
tersebut adalah makharijul huruf, harakat serta cara dalam membaca Al-Quran.
Berdasarkan penilaian yang dilaksanakan oleh pembina dapat diketahui bahwa
dari 24 siswa yang ikut dalam program TBTQ menunjukkan hasil, tidak ada siswa
yang mendapat nilai kurang, siswa yang mendapat nilai sedang sebanyak 5 siswa,
siswa yang mendapat nilai baik sebanyak 15 siswa dan siswa yang mendapat nilai
sangat baik sebanyak 4 siswa. (2) Pelaksanaan kegiatan menulis Al-Quran dalam
program TBTQ adalah siswa menulis ayat yang telah dicontohkan di papan tulis
dan diikuti oleh siswa dengan menulis di buku. Setelah itu siswa maju satu persatu
untuk menuliskan ayat dipapan tulis sesuai yang di perintahkan oleh pembina.
Adapun aspek dalam menulis adalah penulisan ayat, jelas dan bisa dibaca.
Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh pembina adalah sebagai berikut, tidak
ada siswa yang mendapatkan nilai kurang, siswa yang mendapatkan nilai sedang
sebanyak 7 siswa, siswa yang mendapatkan nilai baik sebanyak 10 siswa dan
siswa yang mendapatkan nilai sangat baik sebanyak 7 siswa. |
en_US |