MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS X DI SMA KAPUAS PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Budiyono, Budiyono
dc.contributor.author Nashruningsih, Intan
dc.date.accessioned 2023-03-21T02:37:45Z
dc.date.available 2023-03-21T02:37:45Z
dc.date.issued 2022-10-19
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2570
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persiapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran PAI Selama Masa Pandemi Covid-19 Kelas X di SMA Kapuas Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran PAI Selama Masa Pandemi Covid-19 Kelas X di SMA Kapuas Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Evaluasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran PAI Selama Masa Pandemi Covid-19 Kelas X di SMA Kapuas Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber primer yaitu data yang diambil dari Guru PAI dan Siswa kelas X dan sumber sekunder berupa dokumen pendukung yang peneliti dapatkan di SMA Kapuas Pontianak yaitu gambar/screenshoot whatsapp saat guru menyampaikan materi ke siswa, poto buku pdf yang guru gunakan, lembaran RPP dan silabus guru. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Persiapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PAI selama masa pandemi covid-19 kelas X di SMA Kapuas Pontianak yaitu mencocokkan materi dengan model pembelajaran berbasis masalah, RPP merdeka belajar, silabus, bahan ajar berupa buku pdf, video dari link youtube dan aplikasi whatsapp. 2) Pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PAI selama masa pandemi covid-19 kelas X di SMA Kapuas Pontianak yaitu dengan mengirim materi dan tugas melalui aplikasi whatsapp dijelaskan dengan voicenote. Siswa diperintahkan mengerjakan tugas sesuai instruksi dari guru. 3) Evaluasi model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PAI selama masa pandemi covid-19 kelas X di SMA Kapuas Pontianak guru memberikan tugas ke siswa, memberikan nilai dilihat dari tugas siswa seperti menganalisis, mengamati, dan mengaitkan materi dengan kondisi saat ini, berbahasa sopan saat mengirim tugas, disiplin dan bertanggungjawab. Siswa diberi kemudahan antar jemput materi dan tugas ke sekolah. guru datang ke rumah siswa berinteraksi dengan orangtua siswa jika ada nilai siswa yang bermasalah. Guru juga memasukkan orangtua siswa dalam whatsapp group agar orangtua siswa dapat mengetahui perkembangan anak saat belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Berbasis Masalah en_US
dc.subject Pembelajaran Selama Pandemi en_US
dc.title MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS X DI SMA KAPUAS PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account