PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 7 SUNGAI AMBAWANG TAHUN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.author Utami, Dea Putri
dc.date.accessioned 2023-03-21T02:20:48Z
dc.date.available 2023-03-21T02:20:48Z
dc.date.issued 2023-02-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2569
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah pada umumnya banyak kita temui siswa yang tidak dapat membaca Al-Qur’an dengan baik, disebabkan karena banyaknya kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Jika di lihat dari sumber belajar yang ada, seharusnya peserta didik pada zaman sekarang lebih mudah belajar membaca Al-Quran. Karena tidak hanya mengandalkan guru sebagai media ajar. Motivasi membaca Al-Qur’an di SD Negeri 7 Sungai Ambawang terus menyusut mengikuti perkembangan zaman yang semakin pesat. Kondisi ini bertambah hari terus menjadi memprihatinkan. Inilah fenomena yang terjadi untuk sebagian besar dari peserta didik. Maka dari itu peranan guru di sekolah, khususnya guru agama Islam sangat di perlukan untuk menumbuh kembangkan kembali kebiasaan untuk membaca Al-Quran pada peserta didik. Dengan mengacu pada latar belakang masalah, maka penulis rumuskan beberapa masalah berikut: 1) Apa saja kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VI pada pembelajaran PAI? 2) Bagaimana peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VI pada pembelajaran PAI? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, dikelompokkan sesuai dengan pertanyaan penelitian kemudian di analisis display data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data dengan triangulasi dan member check. Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam membaca Al-Qur’an adalah tidak lancar dalam membaca Al-Qur’an, tidak memahami ilmu tajwid dan tidak dapat menerapkannya dalam membaca Al-Qur’an, tidak fasih dalam makhrijul huruf, tidak memperhatikan panjang pendek bacaan, tidak bisa membaca AlQur’an. 2) Peranan guru agama Islam adalah dengan memahami karakteristik siswa, mengajarkan metode yang tepat, memberikan motivasi, menghimbau untuk selalu membaca Al-Qur’an dirumah, memfokuskan siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Quran, dan memilah mana yang dikira sudah bisa dan mana yang masih perlu bimbingan, serta memanggil orang tua siswa yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peranan Guru Agama Islam en_US
dc.subject Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 7 SUNGAI AMBAWANG TAHUN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account