dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Bagaimana hasil belajar
siswa sebelum menggunakan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih
Materi Shalat Tarawih dan Shalat Witir di kelas III MIS Darussalam Pontianak: 2)
Bagaimana hasil belajar siswa sesudah menggunakan media audio visual dalam
pembelajaran Fiqih Materi Shalat Tarawih dan Shalat Witir di kelas III MIS
Darussalam Pontianak; 3) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang
signifikan setelah menggunakan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih
Materi Shalat Tarawih dan Shalat Witir di kelas III MIS Darussalam Pontianak.
Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu
mengkondisikan peserta didik untuk mempunyai motivasi dan semangat belajar,
salah satunya kewajiban pendidik adalah dengan memanfaatkan media dalam
kegiatan pembelajaran. Diantara media yang dimaksud adalah media audio visual.
Akan tetapi pada kenyataannya sistem pembelajaran di MIS Darussalam
Pontianak, bahwa guru masih minim menggunakan media audio visual terhadap
materi pembelajaran Fiqih.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang
menarik sehingga sebagian besar peserta didik tidak memperhatikan penjelasan
dari guru karena penyampaian materi dilakukan dengan metode yang kurang
efektif. Pembelajaran yang berlangsung masih di dominasi oleh aktivis guru dan
penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, yaitu guru menggunakan
media papan tulis serta penggaris ketika mengajar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Adapun tahapan dalam penelitian tindakan kelas yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal pilihan ganda dan lembaran
pengamatan aktivitas siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes.
Objek penelitian ini adalah siswa kelas III di MIS Darussalam Pontianak
yang berjumlah 45 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap
siklus I dan siklus II. Pada tahap siklus I hasil observasi aktifitas siswa
mempunyai persentase 63% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar
37% dan sudah sangat efektif yaitu sebesar 100%.Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan
media audio visual ini dapat meningkat dari setiap siklus. Yang mana hasil nilai
rata rata yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 74,2 atau 71% peserta didik
yang tuntas, kemudia pada siklus II siswa memiliki nilai rata rata 95,2 atau 100%
peserta didik yang tuntas. Maka penerapan media audio visual pada mata
pelajaran fiqih di kelas III MIS Darussalam sangat tepat untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. |
en_US |