PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI SHALAT TARAWIH DAN SHALAT WITIR DI MIS DARUSSALAM PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Rifai, Ahmad Ainun
dc.date.accessioned 2023-03-21T02:11:17Z
dc.date.available 2023-03-21T02:11:17Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2568
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih Materi Shalat Tarawih dan Shalat Witir di kelas III MIS Darussalam Pontianak: 2) Bagaimana hasil belajar siswa sesudah menggunakan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih Materi Shalat Tarawih dan Shalat Witir di kelas III MIS Darussalam Pontianak; 3) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah menggunakan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih Materi Shalat Tarawih dan Shalat Witir di kelas III MIS Darussalam Pontianak. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu mengkondisikan peserta didik untuk mempunyai motivasi dan semangat belajar, salah satunya kewajiban pendidik adalah dengan memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran. Diantara media yang dimaksud adalah media audio visual. Akan tetapi pada kenyataannya sistem pembelajaran di MIS Darussalam Pontianak, bahwa guru masih minim menggunakan media audio visual terhadap materi pembelajaran Fiqih. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang menarik sehingga sebagian besar peserta didik tidak memperhatikan penjelasan dari guru karena penyampaian materi dilakukan dengan metode yang kurang efektif. Pembelajaran yang berlangsung masih di dominasi oleh aktivis guru dan penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, yaitu guru menggunakan media papan tulis serta penggaris ketika mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Adapun tahapan dalam penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal pilihan ganda dan lembaran pengamatan aktivitas siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Objek penelitian ini adalah siswa kelas III di MIS Darussalam Pontianak yang berjumlah 45 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Pada tahap siklus I hasil observasi aktifitas siswa mempunyai persentase 63% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 37% dan sudah sangat efektif yaitu sebesar 100%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual ini dapat meningkat dari setiap siklus. Yang mana hasil nilai rata rata yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 74,2 atau 71% peserta didik yang tuntas, kemudia pada siklus II siswa memiliki nilai rata rata 95,2 atau 100% peserta didik yang tuntas. Maka penerapan media audio visual pada mata pelajaran fiqih di kelas III MIS Darussalam sangat tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peningkatan Hasil Belajar en_US
dc.subject Media Audio Visual en_US
dc.subject Pembelajaran Fiqih en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI SHALAT TARAWIH DAN SHALAT WITIR DI MIS DARUSSALAM PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account