dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan anak
dalam Islam yang meliputi pengertian, materi dan metode pendidikan anak
dalam Islam menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Ibnu Qayyim. Penelitian
ini menggunakan metode studi pustaka dalam bentuk kajian pemikiran
dengan menganalisis perbandingan persamaan dan perbedaan pemikiran
pendidikan anak dalam Islam
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Persamaan pemikiran pengertian anak menurut
Abdullah Nashih Ulwan dan Ibnu Qayyim adalah a) anak merupakan
anugerah dari Allah yang terlahir dalam keadaan fitrah yang kuat diatas
Islam. Dalam tahapan pendidikan anak mereka membagi ke dalam tiga
tahapan dimulai dari fase prakonsepsi, fase pranatal, dan fase postnatal.
b) Materi pendidikan anak meliputi: pendidikan keimanan, pendidikan
akhlak, pendidikan fisik, pendidikan akal, pendidikan psikis, pendidikan
sosial dan pendidikan seksual. c) Metode pendidikan anak dianjurkan untuk
diterapkan metode yang beragam yang disesuaikan dengan pemahaman dan
perkembangan anak. 2) Perbedaan yang ditemukan adalah a) menurut
Abdullah Nashih Ulwan pendidikan dari orang tua merupakan faktor
pembentuk kepribadian anak. Menurut Ibnu Qayyim anak sudah dibekali
dengan potensinya masing-masing. b) pada materi pendidikan anak Ibnu
Qayyim lebih banyak menghadirkan materi tentang pencegahan berbeda
dengan Abdullah Nashih Ulwan materi yang disajikan lebih mengarah
kepada pembekalan dan penanaman kepada anak. c) Perbedaan metode
pendidikan Abdullah Nashih Ulwan dan Ibnu Qayyim terletak pada metode
memberi perhatian dan metode learning by doing a good thing. |
en_US |