PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM “STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN IBNU QAYIYIM”

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.author Anshory, Muhammad
dc.date.accessioned 2023-03-20T03:19:44Z
dc.date.available 2023-03-20T03:19:44Z
dc.date.issued 2022-11-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2562
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam Islam yang meliputi pengertian, materi dan metode pendidikan anak dalam Islam menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Ibnu Qayyim. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dalam bentuk kajian pemikiran dengan menganalisis perbandingan persamaan dan perbedaan pemikiran pendidikan anak dalam Islam Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Persamaan pemikiran pengertian anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Ibnu Qayyim adalah a) anak merupakan anugerah dari Allah yang terlahir dalam keadaan fitrah yang kuat diatas Islam. Dalam tahapan pendidikan anak mereka membagi ke dalam tiga tahapan dimulai dari fase prakonsepsi, fase pranatal, dan fase postnatal. b) Materi pendidikan anak meliputi: pendidikan keimanan, pendidikan akhlak, pendidikan fisik, pendidikan akal, pendidikan psikis, pendidikan sosial dan pendidikan seksual. c) Metode pendidikan anak dianjurkan untuk diterapkan metode yang beragam yang disesuaikan dengan pemahaman dan perkembangan anak. 2) Perbedaan yang ditemukan adalah a) menurut Abdullah Nashih Ulwan pendidikan dari orang tua merupakan faktor pembentuk kepribadian anak. Menurut Ibnu Qayyim anak sudah dibekali dengan potensinya masing-masing. b) pada materi pendidikan anak Ibnu Qayyim lebih banyak menghadirkan materi tentang pencegahan berbeda dengan Abdullah Nashih Ulwan materi yang disajikan lebih mengarah kepada pembekalan dan penanaman kepada anak. c) Perbedaan metode pendidikan Abdullah Nashih Ulwan dan Ibnu Qayyim terletak pada metode memberi perhatian dan metode learning by doing a good thing. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pemikiran Pendidikan Islam en_US
dc.subject Pendidikan Anak en_US
dc.subject Abdullah Nashih Ulwan en_US
dc.subject Ibnu Qayyim en_US
dc.title PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM “STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN IBNU QAYIYIM” en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account