PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MEMBELI PRODUK DI GELANGRZ.PTK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Achmad, Firdaus
dc.contributor.advisor Helvira, Reni
dc.contributor.author Risqi, Nanda Oktavia Indah
dc.date.accessioned 2023-03-16T03:08:00Z
dc.date.available 2023-03-16T03:08:00Z
dc.date.issued 2022-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2548
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat hampir mempengaruhi semua bidang kehidupan saat ini. Sehingga mendorong para pelaku bisnis untuk berusaha menarik konsumen dengan melakukan promosi demi meningkatkan penjualan. Salah satu cara yang dilakukan Gelangrz.ptk adalah dengan menerapkan promosi disalah satu media sosial seperti instagram. Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan Gelangrz.ptk. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian di Gelangrz.ptk, pengaruh keragaman produk terhadap keputusan pembelian di Gelangrz.ptk, serta pengaruh media sosial dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian di Gelangrz.ptk. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, sampel yang digunakan sebanyak 93 responden. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, teknik regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial: 1) nilai thitung untuk Variabel Pengaruh Media Sosial (X1) adalah 3,194 dan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,002. Nilai ttabel untuk df=90 dan probabilitas (α) 0,05 adalah 1,986. Artinya nilai thitung > ttabel dan sig < α (0,002 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa media sosial (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y). 2) nilai thitung untuk variabel keragaman produk (X2) adalah 6,137 dan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000. Nilai ttabel untuk df=90 dan probabilitas (α) 0,05 adalah 1,986. Artinya nilai thitung > ttabel dan sig < α (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa keragaman produk (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil dari uji hipotesis menunjukan bahwa variabel media sosial dan keragaman produk secara bersamasama (simultan) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,662 atau 66,2%. Artinya bahwa sebesar 66,2% variabel media sosial dan variabel keragaman produk berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 33,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dilakukan pada penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Keragaman Produk en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.title PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MEMBELI PRODUK DI GELANGRZ.PTK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account