dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat
hampir mempengaruhi semua bidang kehidupan saat ini. Sehingga mendorong
para pelaku bisnis untuk berusaha menarik konsumen dengan melakukan promosi
demi meningkatkan penjualan. Salah satu cara yang dilakukan Gelangrz.ptk
adalah dengan menerapkan promosi disalah satu media sosial seperti instagram.
Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen sehingga dapat meningkatkan
penjualan Gelangrz.ptk.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media sosial
terhadap keputusan pembelian di Gelangrz.ptk, pengaruh keragaman produk
terhadap keputusan pembelian di Gelangrz.ptk, serta pengaruh media sosial dan
keragaman produk terhadap keputusan pembelian di Gelangrz.ptk. Metode
penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, sampel yang
digunakan sebanyak 93 responden. Pengumpulan data yang digunakan adalah
dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, teknik regresi
linier berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial: 1) nilai thitung untuk
Variabel Pengaruh Media Sosial (X1) adalah 3,194 dan nilai signifikansi yang
diperoleh adalah 0,002. Nilai ttabel untuk df=90 dan probabilitas (α) 0,05 adalah
1,986. Artinya nilai thitung > ttabel dan sig < α (0,002 < 0,05), maka dapat
disimpulkan bahwa media sosial (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara
parsial terhadap keputusan pembelian (Y). 2) nilai thitung untuk variabel
keragaman produk (X2) adalah 6,137 dan nilai signifikansi yang diperoleh adalah
0,000. Nilai ttabel untuk df=90 dan probabilitas (α) 0,05 adalah 1,986. Artinya
nilai thitung > ttabel dan sig < α (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa
keragaman produk (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial
terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil dari uji hipotesis
menunjukan bahwa variabel media sosial dan keragaman produk secara bersamasama (simultan) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,662 atau 66,2%. Artinya
bahwa sebesar 66,2% variabel media sosial dan variabel keragaman produk
berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar
33,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dilakukan pada penelitian ini. |
en_US |