KOMODIFIKASI KONTEN DALAM IKLAN SHAMPOO REJOICE 3IN1 “TETAP ISTIQOMAH” 2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Kusumayanti, Fitri
dc.contributor.author Kameswari, Zhazha Vergi Regina Patricia
dc.date.accessioned 2023-03-15T04:43:49Z
dc.date.available 2023-03-15T04:43:49Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2537
dc.description.abstract Iklan merupakan sebuah media komunikasi untuk menyampaikan pesan persuasi dari produsen kepada konsumen. Dalam iklan mengalami komodifikasi, komodifikasi merupakan proses transformasi nilai guna menjadi nilai tukar atau menggunakan nilai-nilai hidup manusia menjadi nilai yang bisa dipertukarkan. Dalam iklan ini mengandung komodifikasi konten melalui adegan-adegan yang digambarkan oleh wanita berhijab. Pada penelitian ini peneliti mencoba meneliti muatan komodifikasi konten yang terdapat dalam iklan shampoo Rejoice 3IN1 “Tetap Istiqomah” 2020, dengan tujuan untuk mengetahui, apa saja ikon, indeks, simbol yang ada dalam iklan ini dan bagaimana komodifikasi konten atau isi yang ada dalam iklan shampoo Rejoice 3IN1 “Tetap Istiqomah” 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan analisis semiotika Charles Sander Peirce, dimana selalu terdapat dalam hubungan triadik, yakni representament (penanda), object (tanda), interpretant (kolerasi tanda dan penanda). sumber data ini didapatkan dalam iklan shampoo Rejoice 3IN1 yang terdapat di Youtube pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan atau observasi non partisipan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa produsen dan industri mengajak konsumen untuk membeli produknya. Komodifikasi konten atau isi yang terdapat dalam iklan ini juga menujukan bahwa produk iklan shampoo tidak perlu selalu menunjukan rambut untuk menjadi daya tarik penonton, namun, dengan menggunakan model serta jalan cerita yang relate dengan kehidupan sehari-hari sudah menjadi daya tarik tersendiri terlebih instrumen atau lagu yang terdapat dalam iklan ini ringan dan enak didengar menjadi daya tarik bagi konsumen agar membeli produknya. Terdapat muatan nilai agama yang terkomodifikasi diantaranya, melalui visual, lirik lagu, dan warna. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Semiotika en_US
dc.subject Iklan en_US
dc.subject Rejoice 3IN1 en_US
dc.subject Komodifikasi konten (isi) en_US
dc.subject Istiqomah en_US
dc.title KOMODIFIKASI KONTEN DALAM IKLAN SHAMPOO REJOICE 3IN1 “TETAP ISTIQOMAH” 2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account