dc.description.abstract |
Iklan merupakan sebuah media komunikasi untuk menyampaikan
pesan persuasi dari produsen kepada konsumen. Dalam iklan mengalami
komodifikasi, komodifikasi merupakan proses transformasi nilai guna
menjadi nilai tukar atau menggunakan nilai-nilai hidup manusia menjadi nilai
yang bisa dipertukarkan. Dalam iklan ini mengandung komodifikasi konten
melalui adegan-adegan yang digambarkan oleh wanita berhijab.
Pada penelitian ini peneliti mencoba meneliti muatan komodifikasi
konten yang terdapat dalam iklan shampoo Rejoice 3IN1 “Tetap Istiqomah”
2020, dengan tujuan untuk mengetahui, apa saja ikon, indeks, simbol yang
ada dalam iklan ini dan bagaimana komodifikasi konten atau isi yang ada
dalam iklan shampoo Rejoice 3IN1 “Tetap Istiqomah” 2020. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan
analisis semiotika Charles Sander Peirce, dimana selalu terdapat dalam
hubungan triadik, yakni representament (penanda), object (tanda),
interpretant (kolerasi tanda dan penanda). sumber data ini didapatkan dalam
iklan shampoo Rejoice 3IN1 yang terdapat di Youtube pengumpulan data dari
penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan atau observasi non
partisipan, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa produsen dan industri
mengajak konsumen untuk membeli produknya. Komodifikasi konten atau isi
yang terdapat dalam iklan ini juga menujukan bahwa produk iklan shampoo
tidak perlu selalu menunjukan rambut untuk menjadi daya tarik penonton,
namun, dengan menggunakan model serta jalan cerita yang relate dengan
kehidupan sehari-hari sudah menjadi daya tarik tersendiri terlebih instrumen
atau lagu yang terdapat dalam iklan ini ringan dan enak didengar menjadi
daya tarik bagi konsumen agar membeli produknya. Terdapat muatan nilai
agama yang terkomodifikasi diantaranya, melalui visual, lirik lagu, dan
warna. |
en_US |