dc.description.abstract |
Pesan dakwah adalah pesan-pesan yang berisi
dorongan kepada manusia untuk berbuat kebajikan dan mengikuti petunjuk
agama. Media dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dakwah dari
sumber kepada penerima seperti film. Selain sebagai hiburan, film juga dapat
dimanfaatkan untuk kepentingan dakwah, film menjadi media yang cukup
efektif dalam menyampaikan dakwah. Berdasarkan fenomena tersebut,
peneliti terdorong untuk meneliti pesan dakwah dalam Film Tarung Sarung
produksi Starvision Plus (2020). Penulis memilih film Tarung Sarung karena
memiliki banyak pesan dakwah didalamnya yaitu al-Hadist yang berupa
Akidah, Syariah yang berupa ibadah dan Akhlak yang disampaikan untuk
mengajak manusia pada kebaikan dengan tujuan mendapatkan kehidupan
yang baik di dunia dan di akhirat. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apa saja pesan dakwah yang terdapat dalam film Tarung Sarung.
Pesan dakwah adalah semua pernyataan yang bersumber dari Al-Quran dan
hadist.
Penelitian ini menggunanakan pendekatan kualitatif dengan
menggunakan teori analisis isi model Ole Rudolf Holsti. Menurutnya, analisis
isi dipakai untuk menjawab pertanyaan “what, to whom, dan how” dari suatu
proses komunikasi. Adapun hasil dari penelitian ini, pesan dakwah yang
terdapat pada film “Tarung Sarung” ialah pesan dakwah aqidah yang
ditemukan peneliti yaitu iman kepada Allah telihat pada scene 26,53 .Iman
kepada kitab Allah terlihat pada scene 30 dan Iman kepada Qada’ dan Qadhar
terlihat pada scene 27,38. Pesan Akhlak yang dibagi menjadi Akhlak kepada
Allah terlihat pada scene 11,24,38,41,43. Akhlak kepada sesama manusia
terlihat pada scene 13,18,19,24,48,50,51,52,53. Akhlak kepada Lingkungan
terlihat pada scene 27,31. Hasil dari pesan Syariah yang peneliti temukan
terlihat pada scene 15,26,34,35,38. |
en_US |