dc.description.abstract |
Penelitian ini membahas tentang efektivitas pesan kebijakan ibadah di masa
pandemi covid-19 pada foto jurnalistik epaper Pontianak Post edisi tanggal 3 Mei
2020 dan 3 April 2022. Dengan fokus masalah Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tiga aspek makna yaitu: Makna denotatif, konotatif, dan mitos pada
dua foto jurnalistik epaper Harian Pontianak Post edisi tanggal 3 Mei 2020 dan 3
April 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
wacana model semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif. Analisis
semiotika model Roland Barthes mengacu terhadap dua tanda (denotasi dan
konotasi) kemudian menghasilkan mitos. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik Observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini mendapati kesimpulan bahwa Efektivitas Pesan
Kebijakan Ibadah Masa Pandemi Covid-19 meliputi; 1) Efektivitas pesan kebijakan
ibadah berdasarkan makna denotatif dapat dilihat secara langsung di foto pertama
ada yang salat dengan saf berjarak dan di foto ke dua salat dengan saf rapat tetapi
tetap menggunakan masker; 2) Efektivitas pesan kebijakan ibadah berdasarkan
makna konotasi pada dua foto jurnalistik epaper Pontianak Post edisi tanggal 3 Mei
2020 dan 3 April 2022, analisis yang di tonjolkan seperti Pose, Object, Photogenia
dan Aestheticism; 3) Efektivitas pesan kebijakan ibadah berdasarkan mitos pada
dua foto jurnalistik epaper Harian Pontianak Post edisi tanggal 3 Mei 2020 dan 3
April 2022, masyarakat di ajak untuk tetap menjaga kesehatannya baik untuk diri
sendiri maupun orang lain. |
en_US |