dc.description.abstract |
Islam dapat didakwahkan melalui sebuah film, film yang sarat dengan
pesan dakwah dianggap sangat efektif dalam memberikan pembelajaran
kepada Mad’u. Salah satunya film “Ajari Aku Islam” yang sangat menarik
untuk diteliti karena berdasarkan kisah nyata dan related dengan kehidupan
masyarakat. Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk mengetahui pesan
dakwah dalam film “ Ajari Aku Islam”. Adapun tujuan khusus penelitian ini
adalah untuk mengungkap; Pertama untuk mengetahui pesan dakwah Akidah
dalam film “Ajari Aku Islam”; Kedua untuk mengetahui pesan dakwah
Akhlak dalam film “Ajari Aku Islam”; Ketiga untuk mengetahui pesan
dakwah Syariah dalam film “Ajari Aku Islam”.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif.
Data primer dalam penelitian ini adalah seluruh film “Ajari Aku Islam” yang
terdari 48 scene. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
observasi dan teknik dokumentasi. Analisis dari penelitian ini menggunakan
teknik semiotika Roland Barhtes menekankan pada temuan dua tingkat
penanda dan petanda, yaitu Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Teknik
pemeriksaan keabsahan data yaitu menggunakan perpanjangan pengamatan
dan kecukupan referensi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa film “Ajari Aku Islam”
mengandung pesan-pesan dakwah yang penting diketahui oleh setiap muslim
dan bisa dijadikan sebagai referensi materi dakwah untuk dikembangkan lagi
kedepannya. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, secara umum peneliti
menyimpulkan pesan dakwah dalam film “Ajari Aku Islam” banyak
mengandung pesan dakwah. Bukan hanya sekedar dengan memberi makna
yang terlihat saja akan tetapi pesan dakwah yang disampaikan juga dapat
berupa tanda-tanda, simbol, atau biasa yang disebut dengan makna yang
tersirat dari banyaknya adegan dalam sebuah peristiwa atau pesan yang
disampaikan secara tidak langsung. Secara khusus dalam penelitian ini
peneliti menemukan; Pertama 3 materi pesan dakwah akidah, Kedua 13
materi pesan dakwah akhlak, Ketiga 4 materi pesan dakwah syariah. |
en_US |