dc.description.abstract |
Gula merah merupakan salah satu kebutuhan semua masyarakat
Indonesia, baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Dengan
semakin banyaknya kebutuhan masyarakat, kebutuhan gula merah saat ini
dirasakan semakin meningkat dan perlu kiranya melihat peluang usaha
untuk mengembangkan usaha gula merah tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi usaha
gula merah kelapa di Desa Peniti Luar Kecamatan Jongkat Kabupaten
Mempawah, mengetahui tantangan dalam usaha gula merah kelapa, serta
mengetahui potensi usaha gula merah kelapa di Desa Peniti Luar Kecamatan
Jongkat Kabupaten Mempawah. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif kualitatif dan berjenis penelitian lapangan. Peluang usaha
adalah sesuatu yang dimulai dari ide usaha yang potensial bagi pelanggan
yang selanjutnya dikembangkan menjadi suatu usaha. Peluang usaha suatu
hal yang harus diperhatikan karena peluang usaha membantu wirausahawan
dalam mengetahui kelebihan dan kelemahan dari usahanya tersebut.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Eksistensi usaha gula merah
kelapa di Desa Peniti Luar Kecamatan Jongkat Kabupaten Mempawah
diantaranya kualitas produknya yang baik, harga gula merah yang
terjangkau dibandingkan dengan harga pasar, lokasi tempat usaha yang
strategis, pemanfaatan dan kegunaan gula merah kelapa yang cukup banyak
membuat gula merah ini dibutuhkan oleh masyarakat, dan pelanggannya
yang banyak, 2) Tantangan yang dirasakan dalam usaha gula merah kelapa
terdapat pada pengolahan gula merah kelapa yaitu cuaca yang tidak
menentu, listrik, dan air nira. 3) Potensi usaha gula merah kelapa di Desa
Peniti Luar Kecamatan Jongkat Kabupaten Mempawah dilihat dari beberapa
hal, yaitu dari segi modal, tenaga kerja, produksi, penjualan dan pendapatan.
Usaha gula merah kelapa berpotensi untuk dikembangkan terlihat dari
peluang usaha bagi masyarakat dan pendapatan yang cukup tinggi.
Saran dalam penelitian ini adalah pengemasan dalam gula merah
kelapa hendaknya lebih kreatif dan inovatif yang lebih modern agar mampu
bersaing dengan kompetitor lainnya. |
en_US |