dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini terdapat adanya aktivitas pembelajaran yang
dimulai dengan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal
dimulai dengan salam, doa, ceramah. Kegitan inti adanya materi hafalan alQur‟an yaitu dimulai dengan surah An-Naba‟ (Juz 30), surah Al-Mulk (Juz 29),
surah al-Baqarah sampai dengan surah an-Nisa‟ (Juz 1 sampai Juz 4). Selain itu
juga terdapat empat penggunaan metode yaitu metode Tahsin, metode Talqin
metode Takrir (muraja‟ah), metode Tasmi‟. Sumber bahan ajar yang digunakan
yaitu hanya berpegang pada al-Qur‟an.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Mengungkapkan dan menggambarkan bahwa keadaaan subyek dengan
apa adanya. Selain itu untuk mendapatkan informasi dan data yang lengkap dalam
proses pengumpulan data, peneliti akan melakukan observasi terlebih dahulu,
kemudian wawancara dan selanjutnya melakukan dokumentasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana Aktivitas Pembelajaran Tahfidz Qur‟an
Pada Santriwati Kelas XII Pondok Pesantren Hidayatul Muslimin 1 Marhalah
Ulya Parit Sembin Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun
Pelajaran 2019/2020.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat
disimpulkan bahwa (1) materi yang diajarkan yaitu surah An-Naba‟ (Juz 30), AlMulk (Juz 29), surah al-Baqarah sampai surah an-Nisa‟ (Juz 1 sampai Juz 4), (2)
metode yang digunakan yaitu metode Tahsin, metode Talqin metode Takrir
(muraja‟ah), metode Tasmi‟, (3) sumber bahan ajar yaitu al-Qur‟an. |
en_US |