PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DESA KUALA MANDOR A KEC KUALA MANDOR B KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Maisun, Maisun
dc.date.accessioned 2023-03-03T03:08:37Z
dc.date.available 2023-03-03T03:08:37Z
dc.date.issued 2022-09-25
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2443
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini ada untuk mengetahui: (1) Cara pemberian tugas penerapaan metode resitasi pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum di Desa Kuala Mandor A, (2) Prosedur penerapan metode resitasi pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum di Desa Kuala Mandor A, (3) Motivasi guru dalam penerapaan metode resitasi pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum di Desa Kuala Mandor A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan bentuk penelitian pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan teknik analisis data yang berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Penyajian data yang digunakan oleh peneliti dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisi data yang dilakukan peneliti disimpulkan bahwa (1) Cara pemberian tugas yaitu (a) guru menyampaikan tujuan dalam pemberian tugas, (b) jenis tugas yang diberikan mengahafal sehingga siswa mampu menyelesaikan dengan baik dan benar, (c) tugas yang diberikan juga sesuai dengan kemampuan siswa, dan (d) guru juga memberi petunjuk kepada siswa dalam mengerjakan tugas supaya mendapatkan nilai yang maksimal. (2) Prosedur penerapan metode resitasi guru yaitu (a) melakukan perencanaan, (b) tugas yang diberikan didasarkan atas minat dan kemampuan siswa, (c) guru membantu menyediaan alat atau sarana yang diperlukan dalam pengerjaan tugas, (d) guru mengkoreksi secara teliti hasil kerja PR (pekerjaan rumah) siswa, (e) nilai siswa dicatat guru pada buku catatan nilai. (3) Motivasi guru yaitu (a) guru memberikan motivasi untuk meningkatkan minat belajar siswa, (b) guru memberikan perhatian kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran, (c) guru menciptakan kondisi yang optimal dalam pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Resitasi en_US
dc.subject Pembelajaran Al-Qur’an Hadist en_US
dc.subject MI Miftahul Ulum en_US
dc.title PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DESA KUALA MANDOR A KEC KUALA MANDOR B KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account