dc.description.abstract |
Pembelajaran tatap muka di sekolah ditiadakan dan digantikan dengan
pembelajaran dari rumah secara daring. Khususnya pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam yang di dalamnya banyak mengajarkan tentang sejarah Islam
yang harus diketahui dan diamalkan oleh peserta didik. Karena hal itu peneliti
terdorong melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui proses
pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam secara daring di kelas VIII MTs
Mujahidin Pontianak tahun pelajaran 2021/2022”. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan: 1) Proses pembelajaran daring mata pelajaran SKI peserta didik
kelas VIII MTs di Mujahidin Pontianak, 2) Hambatan pembelajaran daring mata
pelajaran SKI peserta didik kelas VIII MTs di Mujahidin Pontianak pada kegiatan
inti, 3) Faktor pendukung pembelajaran daring mata pelajaran SKI peserta didik
kelas VIII MTs di Mujahidin Pontianak.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif dengan jenis Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan
adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.
Untuk menjamin validitas data yang dikumpulkan, dilakukan pemeriksaan
keabsahan data dengan triangulasi dan member check.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan
bahwa: 1) Proses pembelajaran daring menggunakan aplikasi google classroom,
google meet, google formulir, zoom dan whatshapp group: Kegiatan awal
dilakukan dengan mengucapkan salam dan berdoa, kegiatan inti dengan membuka
pembelajaran menggunakan google classroom guru mengirim link tugas
berbentuk file/video, kegiatan akhir guru bertanya kepada peserta didik dan
memberikan motivasi dan diakhiri dengan salam. 2) Hambatan pembelajaran
daring dari guru seperti peserta didik kehilangan jaringan kurangnya interaksi
antara guru dan peserta didik. Hambatan dari peserta didik seperti keterbatasan
handphone, kesulitan akses internet, dan keterbatasan kuota 3) faktor pendukung
dalam proses pembelajaran daring di MTs Mujahidin Pontianak bahwa ada
beberapa faktor pendukung, yaitu: a) Pendukung dari sisi keluarga yang ikut
berpartisipasi terhadap peserta didik dan ikut mengontrol saat pembelajaran. b)
Pendukung dari pihak sekolah yaitu dengan memfasilitasi dengan menggunakan
aplikasi google classroom, google formulir, whatshapp group dan goole meet, dan
wifi. c) Pendukung dari pemerintah berupa kuota gratis untuk peserta didik dan
dana bos. d) Pendukung dari masyarakat selama pembelajaran daring ini agar
peserta didik dapat terus belajar dan tidak hanya berdiam di rumah atau malah
main handphone untuk kesibukan lainnya selain belajar. |
en_US |