dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) Perencanaan pembelajaran
baca tulis Al Quran di TPQ Amanah Kubu Raya (2) Pelaksanaan pembelajaran baca
tulis Al Quran di TPQ Amanah Kubu Raya (3) Evaluasi pembelajaran baca tulis Al
Quran di TPQ Amanah Kubu Raya
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Instrumen penelitian kunci adalah peneliti itu sendiri, dan
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data di analisis dengan cara mereduksi data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan pembelajaran baca
tulis Al-Quran berpedoman pada RPP yang sudah di rancang oleh pusat koordinator
Al-Tartil, guru hanya tinggal menyesuaikan dengan RPP dan mengatur kondisi siswa
dalam kelas, (2) Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dimulai dengan
melafalkan do’a atau surat pendek bersama-sama kemudian masuk materi guru
membacakan serta menjelaskan sedangkan siswa menyimak, setelah itu siswa
membaca bersama-sama beberapa kali, (3) Evaluasi pembelajaran baca tulis AlQur’an, penilaian harian dilaksanakan setiap akhir pertemuan pembelajaran siswa
dites maju satu persatu ke depan guru. Penilaian kenaikan dilaksanakan oleh pihak
madrasah dan terdapat tim guru untuk melaksanakan tes. Penilaian kenaikan tingkat
dari jilid ke marhalah dilaksanakan oleh kantor pusat koordinator altartil. |
en_US |