PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI (3D) DALAM MATERI MENGHINDARI MINUMAN KERAS, JUDI DAN PERTENGKARAN PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Junintias, Sendu
dc.date.accessioned 2023-02-22T05:22:01Z
dc.date.available 2023-02-22T05:22:01Z
dc.date.issued 2022-08-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2386
dc.description.abstract Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana prosedur pengembangan media video animasi 3D dalam Materi Menghindari Minuman Keras, Judi dan Pertikaian? Bagaimana respon siswa terhadap media video animasi 3D pada Materi Menghindari Minuman Keras, Judi dan Pertengkaran di SMP Negeri 6 Pontianak? Bagaimana perbedaan hasil belajar pada siswa yang menggunakan media video animasi 3D dengan siswa yang tidak menggunakan media video animasi 3D? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Untuk mengetahui prosedur pengembangan media video animasi 3D dalam Materi Menghindari Minuman Keras, Judi dan Pertikaian. Untuk mengetahui respon siswa terhadap media video animasi 3D pada materi Menghindari Minuman Keras, Judi dan Pertengkaran di SMP Negeri 6 Pontianak. Untuk mengetahui hasil belajar pada siswa yang menggunakan media video animasi 3D dengan siswa yang tidak menggunakan media video animasi 3D. Metode penelitian ini yaitu R&D (Research and Developtment) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 6 Pontianak. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil yaitu Prosedur pengembangan media video animasi 3 Dimensi (3D) pada materi Materi Menghindari Minuman Keras, Judi dan Pertengkaran menggunakan prosedur pengembangan dari model ADDIE yang memiliki lima langkah yakni Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Respon siswa terhadap media video animasi 3D dalam materi Menghindari Minuman Keras, Judi dan Pertengkaran di SMP Negeri 6 Pontianak adalah sangat baik dengan perolehan penilaian kemenarikan produk media berdasar pada angket yang telah dianalisis yakni sebesar 82%. Adapun hasil belajar pada siswa yang menggunakan media video animasi 3D dengan peserta didik yang tidak menggunakan media video animasi 3D yakni terdapat perbedaan hasil yang signifikan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan Media en_US
dc.subject Video Animasi 3D en_US
dc.subject ADDIE en_US
dc.title PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI (3D) DALAM MATERI MENGHINDARI MINUMAN KERAS, JUDI DAN PERTENGKARAN PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account