PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ASPEK SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS X SMAN 3 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.author Munawarah, Munawarah
dc.date.accessioned 2023-02-22T04:59:39Z
dc.date.available 2023-02-22T04:59:39Z
dc.date.issued 2020-10-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2384
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi adanya motivasi siswa yang perlu ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media cerita bergambar yang peneliti kembangkan. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini secara umum adalah mengembangan media cerita bergambar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Secara khusus tujuannya adalah untuk: 1) Mengetahui motivasi belajar siswa pada aspek Sejarah Kebudayaan Islam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X SMAN 3 Pontianak ketika tidak menggunakan media cerita bergambar. 2) Mengembangkan media cerita bergambar. 3) Mengetahui motivasi belajar siswa pada aspek Sejarah Kebudayaan Islam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X SMAN 3 Pontianak sesudah menggunakan media cerita bergambar. 4) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dari pengguaan media cerita bergambar yang dikembangkan. Untuk mencapai tujuan di atas, metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, and Development) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung partisipan dan komunikasi tidak langsung. Alat pegumpulan datanya berupa lembar observasi, angket dan peralatan elektronik. Teknik analisis data yang digunakan: teknik analisis instrumen, teknik analisis deskriptif, dan teknik analisis regresi. Hasil penelitian ini secara umum, bahwa pengembangan media cerita bergambar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 3 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020. Secara khusus hasil penelitian ini adalah: 1) Motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti aspek Sejarah Kebudayaan Islam kelas X SMAN 3 Pontianak sebelum menggunakan media cerita bergambar didapat hasil analisis pada kelas kontrol dan kelas eksperimen berkategori sedang. 2) Pengembangan media cerita bergambar berkategori sangat baik. 3) Motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti aspek Sejarah Kebudayaan Islam kelas X SMAN 3 Pontianak sesudah menggunakan media cerita bergambar yang dikembangkan, termasuk ke dalam kategori cukup tinggi. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari pengembangan media cerita bergambar terhadap motivasi belajar siswa pada aspek Sejarah Kebudayaan Islam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 3 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020 sebesar 43,9%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan Media Cerita Bergambar en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ASPEK SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS X SMAN 3 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account