dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya motivasi siswa yang perlu
ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media cerita
bergambar yang peneliti kembangkan. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan
penelitian ini secara umum adalah mengembangan media cerita bergambar untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa. Secara khusus tujuannya adalah untuk:
1) Mengetahui motivasi belajar siswa pada aspek Sejarah Kebudayaan Islam Mata
Pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X SMAN 3 Pontianak ketika tidak
menggunakan media cerita bergambar. 2) Mengembangkan media cerita
bergambar. 3) Mengetahui motivasi belajar siswa pada aspek Sejarah Kebudayaan
Islam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X SMAN 3 Pontianak sesudah
menggunakan media cerita bergambar. 4) Mengetahui peningkatan motivasi
belajar siswa dari pengguaan media cerita bergambar yang dikembangkan.
Untuk mencapai tujuan di atas, metode penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang dimodifikasi
menjadi 3D (Define, Design, and Development) dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung partisipan
dan komunikasi tidak langsung. Alat pegumpulan datanya berupa lembar
observasi, angket dan peralatan elektronik. Teknik analisis data yang digunakan:
teknik analisis instrumen, teknik analisis deskriptif, dan teknik analisis regresi.
Hasil penelitian ini secara umum, bahwa pengembangan media cerita
bergambar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 3
Pontianak tahun pelajaran 2019/2020. Secara khusus hasil penelitian ini adalah:
1) Motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti aspek
Sejarah Kebudayaan Islam kelas X SMAN 3 Pontianak sebelum menggunakan
media cerita bergambar didapat hasil analisis pada kelas kontrol dan kelas
eksperimen berkategori sedang. 2) Pengembangan media cerita bergambar
berkategori sangat baik. 3) Motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dan
Budi Pekerti aspek Sejarah Kebudayaan Islam kelas X SMAN 3 Pontianak
sesudah menggunakan media cerita bergambar yang dikembangkan, termasuk ke
dalam kategori cukup tinggi. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari
pengembangan media cerita bergambar terhadap motivasi belajar siswa pada
aspek Sejarah Kebudayaan Islam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X
SMAN 3 Pontianak tahun pelajaran 2019/2020 sebesar 43,9%. |
en_US |