PENERAPANSTRATEGIVIDEO COMMENTBERBANTU MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJARPESERTA DIDIK KELAS VIII MATA PELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Ningrum, Ayu Baitin
dc.date.accessioned 2023-02-22T01:48:07Z
dc.date.available 2023-02-22T01:48:07Z
dc.date.issued 2022-07-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2378
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1)mengetahui hasil belajar siswa SMP N 17 Pontianak terhadap pembelajaran PAI sebelum menggunakan strategi video comment berbantu media video pembelajaran menggunakan platform youtube, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa SMP N 17 Pontianak terhadap pembelajaran PAI sesudah menggunakan strategi video comment berbantu media video pembelajaran menggunakan platform youtube, dan (3)Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi video comment berbantu media video pembelajaran menggunakan platform youtube terhadap pembelajaran PAI terhadap siswa SMP N 17 Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis pra eksperimen one group pretest posttest. Populasi dati penelitian ini adalah siswa SMP N 17 Pontianak kelas VIII dengan sampel siswa kelas VIII A. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan angket guru. Selain itu juga Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan soal tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan teknik uji paired sampel t-test. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil analisis uji idependent sampel t-test menggunakan aplikasi SPSS di atas menyatakan bahwa penggunaan strategi video comment berbantu media video pembelajaran menggunakan platform youtube dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi fiqih berpengaruh signifikan terhadap hasil pembelajaran peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 17 Pontianak tahun ajaran 2021/2022, hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitunggan uji post-test berdasarkan hasil Uji Paired Sampel T Test pada hasil pembelajaran peserta didik terhadap materi fiqih tentang mendekatkan diri kepada Allah melalui Shalat sunnah, hasil analisis dari tabel Uji Paired Sampel T Test di atas diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 mengartikan bahwa 0,000 lebih kecil daripada 0,05 maka hipotesis atau Ho diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test dan hasil pre-test dari hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Fiqih mengenai mendekatkan diri kepada Allah melalui Shalat sunnah tahun ajaran 2021/2022 en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject strategi video comment berbantu media video pembelajaran en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title PENERAPANSTRATEGIVIDEO COMMENTBERBANTU MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJARPESERTA DIDIK KELAS VIII MATA PELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account