dc.description.abstract |
Dalam komunikasi dakwah, seorang da’i yang bertindak sebagai
komunikator memegang peran penting dalam mencapai keberhasilan
penyampaian pesan dakwah. Seorang da’i perlu mempunyai metode atau sarana
dakwah yang efektif, sehingga ia dapat menyampaikan dakwahnya secara bijak
dan arif. Apalagi pada masa sekarang ini perlu suatu teladan atau contoh yang
baik dalam memperisapkan diri untuk menyampaikan dakwah. Maka peneliti
disini mengahadirkan suatu penelitian tentang Strategi Komunikasi Dakwah
Rasulullah SAW Periode Makkah dan Madinah agar bisa menjadi pedoman bagi
para da’i muda atau masyarakat dalam memperisapkan diri untuk berdakwah.
Seperti kita ketahui bahwasannya Rasulullaah SAW merupakan manusia termulia
dan Nabi terakhir, yang mana dakwahnya langsung di bimbing oleh Allah SWT.
Dakwah penuh dengan rintangan tanpa ada rasa keraguan sedikitpun dalam
menyampaikan kebenaran di tengah umatnya dikala saat itu sangat rusak sekali.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perencanaan komunikasi
dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah 2) untuk mengetahui
pelaksanaan komunikasi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah
3) untuk mengetahui ketercapaian komunikasi dakwah Rasulullah SAW periode
Makkah dan Madinah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research (Studi
Pustaka), baik berupa buku, catatan, ataupun hasil penelitian terdahulu. Adapun
yang menjadi subjek pada penelitian ini yaitu Rasulullah SAW pada buku Sirah
Nabawiyah Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad dalam penelitian ini
disebut sumber primer. Dan buku, jurnal, atau artikel yang ada relevansinya
dengan fokus penelitian yang dalam penelitian disebut sumber sekunder.
Sedangkan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis
isi (content analysis) dengan tahap: pengumpulan data, klasifikasi data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pemeriksaan keabsahan data
menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi. Dalam
penulisan skripsi ini terdapat 7 bab karena paparan data dan pembahasan antara
periode Makkah dan Madinah peneliti memecahnya dengan antar per bab
dikarenakan penelitian ini bebrbeda dengan penelitian yang biasanya.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Strategi
Komunikasi Dakwah Rasulullah SAW Periode Makkah dan Madinah terbagi
dalam (1) Perencanaan Komunikasi Dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
dan Madinah yang terdiri dari; Perkiraan dan perhitungan masa depan
(forecasting), Penentuan dan perumusan sasaran untuk pencapaian tujuan dakwah,
Mempertimbangkan objek dakwah. (2) Pelaksanaan Komunikasi Dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah terdiri dari; Pesan dakwah, Media
dakwah dan Metode dakwah. (3) Ketercapaian Komunikasi Dakwah Rasulullah
SAW periode Makkah dan Madinah yang terdiri dari; diterimanya dakwah kepada
keluarga dan sahabat, masuk Islamnya Enam Bibit Unggul dari Yastrib, terjadinya
Peristiwa Isra dan Mi’raj, terlaksananya Bai’at Aqabah Pertama dan Bai’at
Aqabah Kedua, diterimanya dengan riang gembira ketika Nabi Muhammad SAW
Hijrah ke Kota Madinah, berhasil Membangun Masjid dan Mempersaudarakan
Kaum Muhajirin dan Kaum Anshar, berhasil membuat Perjanjian Dengan Kaum
Yahudi dan berhasil Penaklukan kota Makkah. |
en_US |