STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PROGRAM PADA PROGRAM ZAKAT FITRAH DALAM MENARIK MINAT MUZAKI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hafizah, Evi
dc.contributor.advisor Andrian, Bob
dc.contributor.author KURNIAWAN
dc.date.accessioned 2023-01-30T02:17:09Z
dc.date.available 2023-01-30T02:17:09Z
dc.date.issued 2022-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2285
dc.description.abstract Dalam memasarkan suatu program terutama bagi lembaga ataupun perusahaan, komunikasi pemasaran menjadi hal yang sangat diperlukan. Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan untuk memperkenalkan, menyampaikan, mengedukasi, memasarkan produk dan sebagainya kepada konsumen atau dalam hal orang yang berzakat (muzaki). ACT Kalimantan Barat melakukan komunikasi pemasaran dalam memasarkan program zakat fitrah menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix. Tujuan dari penelitian strategi komunikasi pemasaran oleh ACT Kalimantan Barat ini untuk dapat, mendeskripsikan dan mengkaji bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi komunikasi Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Program Zakat Fitrah Dalam Menarik Minat Muzaki (Studi Pada Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Barat di Kota Pontianak). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta dalam penentuan sumber data peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Hasil yang didapat peneliti dari penelitian yang dilakukan yakni mengganbarkan bahwa strategi komunikasi pemasaran dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun tahapan yang dilakukan pada perencanaan yakni mengidentifikai perencanaan, menentuan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, menetapkan anggaran total. Kemudian dalam pelaksanaannya ACT Kalimantan Barat menggunakan bauran komunikasi pemasaran seperti, advertising, humas dan publisitas, personal selling, dan direct selling. Dan pada tahap akhir ini ACT Kalimantan Barat melakukan evaluasi program dan manajerial. Kesimpulan yang diperoleh dapat disimpulkan secara keseluruhan ACT Kalimantan Barat telah berhasil mengkomunikasikan program zakat fitrah sesuai dengan konsep strategi komunikasi pemasaran terpadu baik dilakukan secara offline maupun online. Namun, pelaksanaannya masih perlu perbaikan karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) atau memang memiliki basic komunikasi. Ini bisa diatasi dengan merekrut SDM yang lebih berkompetensi dan berpengalaman di bidang komunikasi pemasaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Komunikasi Pemasaran en_US
dc.subject Zakat Fitrah en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PROGRAM PADA PROGRAM ZAKAT FITRAH DALAM MENARIK MINAT MUZAKI en_US
dc.title.alternative STUDI PADA AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) KALIMANTAN BARAT DI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account