dc.description.abstract |
Penerapan metode dalam penanaman nilai inti disiplin pada siswa diyakini
sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah. Untuk itu
penerapan metode dalam penanaman nilai inti disiplin pada harus dibiasakan
atau ditanamkan sejak dini sehingga mampu membentuk sikap dan pribadi yang
baik. Selain nilai inti disiplin, metode juga harus dilakukan untuk mencapai
kedisiplinan yang harapkan oleh pihak-pihak pengajar yang ada. Penelitian ini
bertujuan ingin mengetahui penerapan penanaman nilai inti disiplin nilai-nilai
dan metode dalam penanaman nilai inti disiplin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis deskriptif,
tempat penelitian di Kubu Raya, waktu penelitian pada bulan Maret tahun 2021,
adapun yang menjadi sumber data primer yaitu kepala sekolah, siswa kelas V
dan wali kelas V sedangkan yang menjadi sumber data sekunder yaitu dokumen-
dokumen yang peneliti temukan dilapangan. Serta pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data
menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik
kesimpulan. Serta teknik pengabsahan data dilakukan dengan triangulasi data
dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai inti disiplin yang diterapkan di
Madrasah Ibtidaiyah Swasta An-Nur yaitu ketaatan, keteraturan, kepatuhan dan
ketertiban. Dan metode yang digunakan yaitu metode reward atau punishment,
pembiasaan, keteladanan, dan nasihat. |
en_US |