dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Materi akidah dalam
kitab Durus Al-Aqaid Al-Diniyah; 2) Materi akidah kurikulum 13 pada Jenjang
Madrasah Tsanawiyah; 3) Relevansi materi akidah dalam kitab Durus al-Aqaid
al-Diniyah dengan Materi akidah kurikulum 13 pada Jenjang Madrasah
Tsanawiyah.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan metode penelitian
kepustakaan (library research) yaitu suatu penelitian terhadap buku-buku sebagai
produk ulama dan buku-buku akidah yang ada kaitannya dengan pembahasan
skripsi ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,
sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis isi
(content analysis) dengan tahap: menganalisis isi data, klasifikasi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan, pemeriksaan keabsahan data menggunakan
kecukupan referensi dan evaluatif normatif.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik suatu kesimpulan
sebagai berikut:1) materi akidah kitab Durus al-Aqaid al-Diniyah karya Habib
Abdurrahman bin Saggaf bin Husen bin Abu bakar bin Umar bin Saggaf Assagaf
mengajarkan tauhid kepada Allah dengan sifat kesempunaan-Nya dan meletakkan
iman kepada para Nabi pada urutan kedua sebagimana susunan dua kalimah
syahadat, juga mengajarkan pokok-pokok akidah yang lain susuai rukun iman.
Selain itu sam’iyat gaib mengenalkan hal-hal yang berhubungan dengan Ma’ad
(tempat kembali) kepada Allah di akhirat serta lebih mengenalkan Rasulullah
dengan mengetahui nasab beliau serta kewajiban mencintainya sebagai Nabi
pilihan Nabi terakhir yang pantas untuk diteladani; 2) Materi akidah kurikulum
2013 mengajarkan tauhid kepada Allah melalui sifat kesempurnaan dan Asmaul
Husna, malaikat, kitab dan pokok-pokok akidah lain sesuai urutan rukun iman
yang enam. Hal sam’iyat mengenalkan jin, setan dan iblis sebagai musuh nyata
yang juga wajib diimani keberadaannya; 3) Terdapat relevansi yang signifikan
antara isi materi akidah kitab Durus al-Aqaid al-Diniyah dengan materi akidah
buku akidah akhlak pada kurikulum 2013 di jenjang. Relevansi atau kesuaian itu,
meliputi persamaan struktur isi akidah yang ajarkan. Hampir semua isi materi
akidah kitab terdapat pada kurikulum 2013 kecauli Nabi Muhammad sebagai Nabi
terakhir, Syafaat, Haudah. Namun selain adanya persamaan, terdapat juga
perbedaan yang terlihat dari penekanan isi materinya. Isi Materi Akidah kitab
lebih menekankan pada penanaman akidah yang umumnya bersifat absrak.
Sedangkan isi materi akidah pada kurikulum 2013 di jenjang Mts lebih menekkan
hal yang nyata. |
en_US |