INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA KEGIATAN HIZBUL WATHAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Arif
dc.contributor.advisor Mahrus, Erwin
dc.contributor.author SARI, RATNA
dc.date.accessioned 2023-01-25T07:27:42Z
dc.date.available 2023-01-25T07:27:42Z
dc.date.issued 2020-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2240
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran Hizbul Wathan sebagai kegiatan yang dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam melalui serangkain kegiatan. Mengingat SMK Muhammadiyah 2 Pontianak merupakan sekolah yang bercirikhas keislaman dan mempunyai kegiatan unggulan Hizbul Wathan guna upaya untuk membentuk kepribadian siswa yang berakhlakul karimah, akan tetapi kenyataannya masih belum optimal hasilnya. Untuk itu perlu ditingkatkn agar dapat merah hasil yang optimal terutama dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses internalisasi kegiatan Hizbul Wathan, nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada kegiatan Hizbul Wathan, perubahan perilaku siswa selama mengikuti kegiatan Hizbul Wathan di SMK Muhammadiyah 2 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Pontianak. Sumber data primer dari penelitian ini adalah pembina Hizbul Wathan sedangkan yang menjadi data sekunder yaitu peserta Hizbul Wathan dan dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, kecukupan referensi dan member chek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi kegiatan Hizbul Wathan melalui tiga tahapan, yaitu transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi. Adapun beberapa bentuk kegiatan dalam proses internalisasi nilai pendidikan Islam yaitu membaca Alquran, upacara dan melalui materi kepanduan Hizbul Wathan. Nilai-nilai pendidikan Islam yang diinternalisasikan adalah nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Sedangkan perubahan perilaku siswa selama mengikuti kegiatan Hizbul Wathan dapat dilihat dari kebiasaan- kebiasaan perilaku siswa selama mengikuti kegiatan Hizbul Wathan dalam kegiatan berdoa, membaca Alquran dan kegiatan upacara. Para peserta menjadi lebih sadar akan kewajiban beribadah, sopan santun, hormat dan lebih disiplin baik dilingkungan sekolah, keluarga maupun lingkungan masyarakat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Internalisasi en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Hizbul Wathan en_US
dc.title INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA KEGIATAN HIZBUL WATHAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account