dc.description.abstract |
Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahuai: (1) nilai pendidikan keluarga
yang terkandung dalam surat Luqman ayat 13-19; 2) metode pendidikan keluarga
yang diajarkan dalam surat Luqman ayat 13-19
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber
primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) sumber primer adalah Al-qur’an Surat
Luqman Ayat 13-19 dan Tafsir Al Mishbah karya M. Quraish shihab; 2) sumber
sekunder adalah buku, jurnal, Tafsir al-misbah karya M. Quraish Shihab dan Tafsir
lainnya. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik
dokumentasi yang berupa buku, jurnal dan sumber lainnya. sedangkan untuk
menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis dokumen atau analisis isi
(content analysis).
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) nilai pendidikan keluarga dalam Surat Luqman ayat 13-19 yaitu: a)
Pendidikan Tauhid (keimanan), b) Pendidikan Akhlak, c) Pendidikan Ibadah; 2)
metode yang terdapat dalam surat Luqman ayat 13-19 yaitu: a) pendidikan nasehat,
b) pendidikan dengan kasih sayang, c) pendidikan berbakti kepada orang tua, d)
mendirikan Sholat, e) Beramar Ma’ruf Nahi Munkar, f) bersabar, g) larangan sikap
sombong, h) sederhana dalam berjalan dan berbicara. Dalam memberikan
pendidikan keluarga hendaknya mengikuti tuntutan ajaran Islam seperti yang
terdapat dalam surah Luqman ayat 13-19, yang berlandaskan dengan rasa kasih
sayang dan lemah-lembut, agar anak mampu menyerap apa yang diberikan
kepadanya. |
en_US |