PELAKSANAAN METODE AL-QOSIMI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH LITAHFIZHIL QUR’AN DARUSSALAM SENGKUBANG TAHUN 2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author KHUSNAH, IMROATUL
dc.date.accessioned 2023-01-25T02:03:33Z
dc.date.available 2023-01-25T02:03:33Z
dc.date.issued 2021-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2222
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan metode Al-Qosimi dalam pembelajaran Tahfizhul Qur‟an pada siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Litahfizhil Qur‟an Darussalam Sengkubang Tahun 2021 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Al- Qosimi dalam pembelajaranTahfizhul Qur‟an pada siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Litahfizhil Qur‟an Darussalam Sengkubang Tahun 2021. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah : 1) Pelaksanaan Metode Al-Qosimi dalam Pembelajaran Tahfizhul Qur‟an pada Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Litahfizhil Qur‟an Darussalam Sengkubang yaitu ustazah membimbing langsung dengan cara materi hafalan dibacakan dan diikuti oleh seluruh siswa secara berulang-ulang satu ayat dibaca lima sampai dua puluh kali pengulangan. Setelah siswa hafal tiga sampai lima ayat, seluruh siswa menyetorkan dengan disima‟ ustazah, kemudian setelah menyetorkan siswa dianjurkan untuk muraja’ah ayat yang telah disetorkan tersebut, 2) Faktor Pendukung Pelaksanaan Metode Al-Qosimi dalam Pembelajaran Tahfizhul Qur‟an pada Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Litahfizhil Qur‟an Darussalam Sengkubang adalah adanya tenaga pengajar tahfizh yang profesional dalam melaksanakan metode Al-Qosimi, jiwa semangat menghafal yang tinggi dan adanya kesungguhan dalam diri ingin menghafal Al-Qur‟an.Sedangkan faktor penghambat dalam melaksanakan metode Al-Qosimi dalam pembelajaranTahfizhul Qur‟an kelas III adalah kurangnya waktu untuk menghafal, dan kurangnya minat siswa dalam menghafal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Al-Qosimi en_US
dc.subject Pembelajaran Tahfizhul Qur‟an en_US
dc.title PELAKSANAAN METODE AL-QOSIMI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QUR’AN PADA SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH LITAHFIZHIL QUR’AN DARUSSALAM SENGKUBANG TAHUN 2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account