dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan
metode Al-Qosimi dalam pembelajaran Tahfizhul Qur‟an pada siswa kelas
III di Madrasah Ibtidaiyah Litahfizhil Qur‟an Darussalam Sengkubang
Tahun 2021 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Al-
Qosimi dalam pembelajaranTahfizhul Qur‟an pada siswa kelas III di
Madrasah Ibtidaiyah Litahfizhil Qur‟an Darussalam Sengkubang Tahun
2021.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu sumber
data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Simpulan dari hasil penelitian ini adalah : 1) Pelaksanaan Metode
Al-Qosimi dalam Pembelajaran Tahfizhul Qur‟an pada Siswa Kelas III di
Madrasah Ibtidaiyah Litahfizhil Qur‟an Darussalam Sengkubang yaitu
ustazah membimbing langsung dengan cara materi hafalan dibacakan dan
diikuti oleh seluruh siswa secara berulang-ulang satu ayat dibaca lima
sampai dua puluh kali pengulangan. Setelah siswa hafal tiga sampai lima
ayat, seluruh siswa menyetorkan dengan disima‟ ustazah, kemudian setelah
menyetorkan siswa dianjurkan untuk muraja’ah ayat yang telah disetorkan
tersebut, 2) Faktor Pendukung Pelaksanaan Metode Al-Qosimi dalam
Pembelajaran Tahfizhul Qur‟an pada Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah
Litahfizhil Qur‟an Darussalam Sengkubang adalah adanya tenaga pengajar
tahfizh yang profesional dalam melaksanakan metode Al-Qosimi, jiwa
semangat menghafal yang tinggi dan adanya kesungguhan dalam diri ingin
menghafal Al-Qur‟an.Sedangkan faktor penghambat dalam melaksanakan
metode Al-Qosimi dalam pembelajaranTahfizhul Qur‟an kelas III adalah
kurangnya waktu untuk menghafal, dan kurangnya minat siswa dalam
menghafal. |
en_US |