dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan youtube sebagai media
pembelajaran oleh mahasiswa PAI semester VI IAIN Pontianak dalam
perkuliahan. Menariknya media yang mereka gunakan ialah mereka yang
membuatnya, kemudian dimanfaatkan dalam praktek pembelajaran di semester
berikutnya. Maka untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa pemanfaatannya,
peneliti mengangkat ini sebagai penelitian.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Apa pesan-pesan pendidikan Islam yang
terkandung dalam media youtube di PAI Channel 2) Bagaimana cara pemanfaatan
media youtube di PAI Channel dalam perkulian 3) Apa hambatan yang ditemui
saat memanfaatkan PAI Channel 4) Bagaimana upaya mengatasi hambatan yang
muncul saat memanfaatkan PAI Channel. Fokus masalah tersebut ditujukan pada
mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam semester VI di IAIN
Pontianak tahun akademik 2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Adapun jenis penelitian ini adalah fenomenologi. Sumber data dalam penelitian
ini terdiri dari Kaprodi PAI, HMPS PAI dan Mahasiswa PAI di IAIN Pontianak.
Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian
ini ada tiga teknik yaitu: triangulasi, member check dan perpanjangan
pengamatan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Pesan-pesan pendidikan
Islam yang terkandung dalam media youtube di PAI Channel. Terdapat tiga pesan,
pertama pesan akidah: Tauhid dalam kerangka hablum minallah dan hablum
minannas. Kedua pesan syariah: berbicara hukum-hukum baik dan buruk. Ketiga
pesan akhlak: berbicara adab serta akhlak terpuji dan tercela. 2) Pemanfaatan
media youtube di PAI Channel di manfaatkan mahasiswa dalam matakuliah
Pembelajaran: akidah akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, fikih, Pengembangan
materi PAI dan media Pembelajaran. 3) Hambatan yang ditemui mahasiswa dalam
mengakses informasi di PAI Channel. Terdapat dua hambatan, pertama hambatan
dari dalam: konten video yang masih kurang menarik serta terdapat konten video
dengan kualitas gambar dalam video yang relatif rendah. Kedua hambatan dari
luar: adanya gangguan sinyal. 4) Upaya mengatasi hambatan yang muncul saat
memanfaatkan PAI Channel. Upaya mengatasi hambatan dari dalam saat
mengakses PAI Channel untuk kedepannya agar bisa mengedit dengan membuat
video menarik dengan editor video yang profesional serta berpengalaman dalam
membuat video. Upaya mengatasi hambatan dari luar saat mengakses PAI
Channel ialah kampus mestinya menyediakan sinyal wifi yang baik. |
en_US |