Abstract:
Covid-19 yang terjadi pada akhir tahun 2019, wabah covid-19 dideteksi di kota Wuhan, Hubei, Tiongkok pada tanggal 31
desember 2019 dan ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO pada tanggal 11 Maret 2020. Semenjak covid-19 diputuskan
bahwa ialah termasuk pandemi oleh World Health Organization (WHO) telah banyak dampak yang terjadi akibat covid-19
yaitu perkembangan media digital menjadi sangat cepat perubahannya pada masa itu, dan juga pada masa covid-19 juga
sangat berpengaruh kepada saya sendiri karena harus melaksanakan sistem pembelajaran serba menggunakan digital
dikarenakan pada masa itu umat manusia harus saling menjaga jarak agar terhindar dari covid-19. Pada masa itu semua
aktivitas kegiatan manusia diubah menjadi serba digital untuk berkomunikasi antar umat manusia. Penelitian ini memiliki
tujuan khusus yaitu untuk memaparkan tentang etika berkomunikasi dalam era digital saat ini. Termasuk diantaranya
eksistensi media sosial. Karena sangat gampang menggunakan media sosial pada media digital, para konsumen acap kali
khilaf saat memakai sosial media ketika berkomunikasi. Observasi ini memakai metode observasi deskriptif serta observasi
kualitatif. Awal observasi, saya memperoleh informasi maka etika serta norma kesopanan sangat dibutuhkan dalam
berkomunikasi, lebih-lebih pada sosial media. Adab berkomunikasi atau berinteraksi dapat dicari melewati kesadaran dari
diri masing-masing dengan menggunakan kalimat yang baik dan sopan santun, edukasi mengenai sopan santun, belajar
menghargai dan membatasi rasa ingin tahu tentang kehidupan pribadi masyarakat.
Description:
Ilmu Kalam Rahmawati ( 12102013 ) Interpretasi Etika Berkomunikasi Di Era Digital /Dr.H.Dwi Surya Atmaja,M.A Dan Wahyu Nugroho,M.H