PENGARUH KETERAMPILAN MENJELASKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMPN 08 MELIAU TAHUN AJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.author AWALIAH, NURUL
dc.date.accessioned 2023-01-19T07:26:12Z
dc.date.available 2023-01-19T07:26:12Z
dc.date.issued 2020-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2156
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas VIII, dimana peneliti menemukan siswa kurang bergairah dalam mengikuti dan mengerjakan tugas tugas yang diberikan oleh guru baik didalam maupun di luar kelas hal ini dibuktikan dari hasil survey awal peneliti pada saat guru melaksanakan pembelajaran di kelas VIII, peneliti melihat ada 6 orang siswa yang motivasi belajarnya kurang. Berkaitan deangan masalah tersebut maka peneliti dalam penelitian memiliki tujuan untuk mendiskripsikan: 1) Bagaimana keterampilan guru dalam menjelaskan pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII SMPN 08 Meliau, 2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 08 Meliau, dan 3) Apakah terdapat pengaruh keterampilan menjelaskan pembelajaran PAI terhadap motivasi di kelas VIII SMPN 08 Meliau. Untuk menjawab persoalan dalam penelitian ini Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yaitu rancangan pretest dan post-test tanpa kelompok kontrol, dengan populasi penelitian ini siswa kelas VIII yang jumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah Tehnik observasi langsung. Tehnik komunikasi tidak langsung (kuesioner atau angket) sedang pengolahan datanya menggunakan Aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Keterampilan menjelaskan guru berdasarkan data dan analisisnya karakteristik responden menunjukkan bahwa dari 12 responden sebayak 9 orang (setara dengan 75%) siswa mengatakan keterampilan guru dalam menjelaskan Baik, 2) Motivasi belajar siswa sebelum dalam penelajaran PAI kelas VIII dikatagorikan kurang 6 orang dsetara 50% sedangkan 3 orang setara dengan 25% motivasi belajarnya cukup dan sebayak 3 orang atau setara 25% motivasi belajarnya baik, dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan menjelaskan yang dilakukan guru PAI terhadap motivasi belajar siswa siKelas VIII SMPN 08 Meliau ini ditunjukkan dari hasil nilai p values 0,000 (<0,05). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.subject Keterampilan Menjelaskan dalam Mata Pelajaran PAI en_US
dc.title PENGARUH KETERAMPILAN MENJELASKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMPN 08 MELIAU TAHUN AJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account