dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah rendahnya motivasi belajar
siswa dalam mata pelajaran PAI kelas VIII, dimana peneliti menemukan siswa
kurang bergairah dalam mengikuti dan mengerjakan tugas tugas yang diberikan
oleh guru baik didalam maupun di luar kelas hal ini dibuktikan dari hasil survey
awal peneliti pada saat guru melaksanakan pembelajaran di kelas VIII, peneliti
melihat ada 6 orang siswa yang motivasi belajarnya kurang. Berkaitan deangan
masalah tersebut maka peneliti dalam penelitian memiliki tujuan untuk
mendiskripsikan: 1) Bagaimana keterampilan guru dalam menjelaskan
pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII SMPN 08 Meliau, 2) Bagaimana
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 08 Meliau,
dan 3) Apakah terdapat pengaruh keterampilan menjelaskan pembelajaran PAI
terhadap motivasi di kelas VIII SMPN 08 Meliau.
Untuk menjawab persoalan dalam penelitian ini Peneliti menggunakan jenis
penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yaitu rancangan pretest dan
post-test tanpa kelompok kontrol, dengan populasi penelitian ini siswa kelas VIII
yang jumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini
adalah Tehnik observasi langsung. Tehnik komunikasi tidak langsung (kuesioner
atau angket) sedang pengolahan datanya menggunakan Aplikasi SPSS.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Keterampilan menjelaskan guru
berdasarkan data dan analisisnya karakteristik responden menunjukkan bahwa
dari 12 responden sebayak 9 orang (setara dengan 75%) siswa mengatakan
keterampilan guru dalam menjelaskan Baik, 2) Motivasi belajar siswa sebelum
dalam penelajaran PAI kelas VIII dikatagorikan kurang 6 orang dsetara 50%
sedangkan 3 orang setara dengan 25% motivasi belajarnya cukup dan sebayak 3
orang atau setara 25% motivasi belajarnya baik, dan 3) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara keterampilan menjelaskan yang dilakukan guru PAI terhadap
motivasi belajar siswa siKelas VIII SMPN 08 Meliau ini ditunjukkan dari hasil
nilai p values 0,000 (<0,05). |
en_US |