KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB “BIDAYATUL HIDAYAH” KARYA IMAM AL-GHAZALI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhtifah, Lailial
dc.contributor.advisor Arifudin
dc.contributor.author HASAN, MUNAWIR
dc.date.accessioned 2023-01-19T07:06:26Z
dc.date.available 2023-01-19T07:06:26Z
dc.date.issued 2021-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2154
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konsep pendidikan akhlak di dalam kitab “Bidayatul Hidayah” karya Imam Al- Ghazali yang merupakan salah satu kitab fenomenal di berbagai kalangan. Yakni dipesantren dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana konsep pendidikan akhlak pada aspek ketaatan kepada Allah SWT. Bagaimana konsep pendidikan akhlak pada aspek meninggalkan larangan Allah SWT. Dan bagaimana konsep pendidikan akhlak pada aspek pergaulan dengan Allah atau sesama makhluk. Penelitian ini merupakan jenis pelitian yang bersifat kajian pustaka (library research). Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan berupa metode dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data. Yakni dengan metode reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Adapun hasil dalam penilitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab “Bidayatul Hidayah” pertama, secara garis besar membahas konsep pendidikan akhlak pada aspek ketaatan kepada Allah SWT, pendidikan akhlak pada aspek meninggalkan maksiat, dan pendidikan akhlak pada aspek pergaulan. Kedua, konsep pendidikan akhlak pada aspek ketaatan kepada Allah termanifestasi dengan cara memiliki niat yang baik dalam menuntut ilmu, menginggat Allah SWT, senantiasa mengingat Allah dalam perbuatan sehari-hari, dan menggunakan waktu dengan baik. Ketiga, konsep pendidikan akhlak pada aspek meninggalkan maksiat termanifestasi dengan cara meninggalkan maksiat secara lahiriyah. Yakni adab menjaga mata, adab menjaga telinga, adab menjaga lisan, adab menjaga kedua tangan dan kaki, adab menjaga kemaluan. Kemudian meninggalkan maksiat secara batin, yakni dengan cara menjauhi sifat riya’, hasud, dan ‘ujub. Keempat, konsep pendidikan akhlak pada aspek pergaulan termanifestasi melalui adab bermunajat kepada Allah, adab seorang guru, adab seorang peserta didik, adab seorang anak kepada orang tua, adab bergaul dengan teman dekat atau sahabat, dan adab bergaul dengan kenalan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Konsep Pendidikan Akhlak en_US
dc.subject Kitab Bidayatul Hidayah en_US
dc.title KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB “BIDAYATUL HIDAYAH” KARYA IMAM AL-GHAZALI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account