dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang efektifnya guru dalam
menerapkan keterampilan bertanya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 13 Pontianak. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Bagaimana
Penerapan komponen-komponen keterampilan bertanya dasar oleh guru pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 13 Pontianak ? 2) Apakah Guru
melakukan hal-hal yang harus dihindari dalam menerapkan keterampilan bertanya dasar
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 13 Pontianak ?
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun
penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Pontianak. Subjek penelitian ini adalah guru
bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Pontianak. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah triangulasi data, member check, perpanjangan pengamatan dan menggunakan
bahan referensi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya
guru merupakan aktivitas yang paling sering dan paling penting dilakukan dalam proses
pembelajaran. Kemampuan bertanya merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki
oleh guru karena bertanya adalah alat untuk mengajar. 1) Penerapan komponen bertanya
dasar yaitu pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat, pemberian acuan,
pemusatan dalam keterampilan bertanya, pemindahan giliran menjawab, penyebaran
pertanyaan, pemberian waktu berpikir dalam mengajukan pertanyaan dan pemberian
tuntutan sudah dilaksanakan dan dilakukan oleh guru PAI dalam proses pembelajaran. 2)
Guru melakukan hal-hal yang harus dihindari dalam keterampilan bertanya. |
en_US |