KETERAMPILAN BERTANYA DASAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 13 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati
dc.contributor.advisor Hendry, Eka
dc.contributor.author SARTIKA, JULIANI
dc.date.accessioned 2023-01-19T06:09:58Z
dc.date.available 2023-01-19T06:09:58Z
dc.date.issued 2019-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2149
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang efektifnya guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Pontianak. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Bagaimana Penerapan komponen-komponen keterampilan bertanya dasar oleh guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 13 Pontianak ? 2) Apakah Guru melakukan hal-hal yang harus dihindari dalam menerapkan keterampilan bertanya dasar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 13 Pontianak ? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Pontianak. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Negeri 13 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data, member check, perpanjangan pengamatan dan menggunakan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya guru merupakan aktivitas yang paling sering dan paling penting dilakukan dalam proses pembelajaran. Kemampuan bertanya merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh guru karena bertanya adalah alat untuk mengajar. 1) Penerapan komponen bertanya dasar yaitu pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat, pemberian acuan, pemusatan dalam keterampilan bertanya, pemindahan giliran menjawab, penyebaran pertanyaan, pemberian waktu berpikir dalam mengajukan pertanyaan dan pemberian tuntutan sudah dilaksanakan dan dilakukan oleh guru PAI dalam proses pembelajaran. 2) Guru melakukan hal-hal yang harus dihindari dalam keterampilan bertanya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Keterampilan bertanya dasar en_US
dc.title KETERAMPILAN BERTANYA DASAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 13 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account