PELAKSANAAN MUHADHARAH DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KOMUNIKATIF SISWA DI MTs TEKNOLOGI IMFORMATIKA AL-MADANI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati
dc.contributor.advisor MA'RUF
dc.contributor.author Saputra, Agung
dc.date.accessioned 2023-01-18T12:18:51Z
dc.date.available 2023-01-18T12:18:51Z
dc.date.issued 2020-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2125
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan muhadharah dalam kegiatan ekstrakurikuler kegagamaan untuk mengembangkan karakter komunikatif siswa di Mts TI Al-Madani. Lebih khususnya penelitian ini bertujuan untuk membahas empat hal: Pertama, Penerapan kegiatan muhadharah sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan karakter komunikatif siswa di Mts TI Al-Madani Pontianak. Kedua, Metode pengembangan karakter komunikatif melalui kegiatan muhadharah sebagai ekstrakurikuler keagamaan siswa di Mts TI Al-Madani Pontianak. Ketiga, Faktor penghambat kegiatan muhadharah sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan karakter komunikatif siswa di Mts TI Al-Madani Pontianak. Keempat, Faktor pendukung kegiatan muhadharah sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan karakter komunikatif siswa di Mts TI Al-Madani Pontianak.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Bapak Suhaili dan Ibu Weni Agustin sebagai pembimbing kegiatan ekstrakurikuler muhadharah serta siswa Mts TI Al-Madani Pontianak. Peneliti menggunakan analisis data model interaktif sebagai berikut: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian (display) data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi. Peneliti menyimpulkan bahwa: Pertama, Penerapan kegiatan muhadharah sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan karakter komunikatif siswa di Mts TI Al-Madani Pontianak yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kedua, Metode pengembangan karakter komunikatif melalui kegiatan muhadharah sebagai ekstrakurikuler keagamaan siswa di Mts TI Al-Madani Pontianak yaitu metode bercerita dan metode simulasi. Ketiga, Faktor penghambat kegiatan muhadharah sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan karakter komunikatif siswa di Mts TI Al-Madani Pontianak yaitu motivasi belajar siswa kurang dan lemahnya bakat siswa. Keempat, Faktor pendukung kegiatan muhadharah sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mengembangkan karakter komunikatif siswa di Mts TI Al-Madani Pontianak yaitu motivasi guru dan dukungan kepala sekolah en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Faktor Pendukung en_US
dc.subject Faktor Penghambat en_US
dc.subject Metode Pengembangan Penerapan en_US
dc.title PELAKSANAAN MUHADHARAH DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KOMUNIKATIF SISWA DI MTs TEKNOLOGI IMFORMATIKA AL-MADANI PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account