UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL-IHSAN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor MA'RUF
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.author KHUMAIRA, FITRI
dc.date.accessioned 2023-01-18T11:53:42Z
dc.date.available 2023-01-18T11:53:42Z
dc.date.issued 2018-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2123
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui langkah-langkah upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa secara instrinsik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Pontianak tahun pelajaran 2018/2019 ? 2) Untuk mengetahui langkah-langkah upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa secara ekstrinsik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Pontianak tahun pelajaran 2018/2019 ? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah guru mata pelajaran al- Qur’an Hadits, bapak Abdurrahman; 2) Sumber Sekunder adalah bapak Izul fikri selaku kepala TU dengan memberikan dokumen atau arsip MTs. Al-Ihsan, dijadikan sebagai data sekunder adalah sebagai data tambahan yang diperoleh setelah dari guru al-Qur’an Hadits. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi non partisipan, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Langkah-langkah Upaya yang Dilakukan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Secara Instrinsik pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits Kelas VII berupa : Minat (Guru yang mengajar meliputi penampilan guru, bahan pelajaran dan metode pengajaran), Cita-Cita atau Aspirasi Belajar (Menciptakan suasana yang menyenangkan, mengikutsertakan semua siswa untuk memelihara fasilitas belajar, Guru mengajak serta siswa untuk membuat perlombaan unjuk belajar, Guru mengajak serta orang tua siswa lewat perantara siswa untuk memperlengkapi fasilitas belajar siswa), Perhatian (Memanfaatkan media pembelajaran), Hasrat Belajar (Memberikan kata-kata bijak dan positif), Harga Diri (Menjawab soal ulangan harian atau tugas harian dengan jujur dan dengan pengetahuan yang ia miliki bukan dengan mencontek). 2) Langkah-langkah Upaya yang Dilakukan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Secara Ekstrinsik pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits Kelas VII berupa: Memberi Angka/Nilai (Memberikan angka tinggi 100, 90 atau 80 dan nilai tambahan A atau B+), Hadiah (Memberikan kue dan memberikan uang kepada siswa), Saingan/Kompetisi (Mengadakan persentasi/diskusi secara kelompok dan melakukan tanya jawab dengan siswa secara individual), Ulangan (Memberikan ulangan harian kepada siswa), Mengetahui Hasil (Membagikan hasil kepada siswa setelah siswa mengerjakan ulangan harian atau tugas harian), Pujian (Memberikan kata-kata verbal yang dapat menyanjung siswa), Hukuman (Memberikan hukuman sesuai dengan masalah yang dilakukan siswa), Tujuan yang Diakui (Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari materi yang akan diajarkan pada saat akan memulai proses pembelajaran). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya Guru en_US
dc.subject Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.title UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL-IHSAN PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account