PERAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PENERAPAN DISIPLIN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam
dc.contributor.advisor Mi’an, Firdaus
dc.contributor.author SAFITRI, EKA
dc.date.accessioned 2023-01-18T10:10:17Z
dc.date.available 2023-01-18T10:10:17Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2116
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi, peneliti menemukan bahwa :siswa datang terlambat, mengeluarkan baju saat berada di lingkungan sekolah atau di kelas, mengobrol dengan teman dan tidak memperhatikan penjelasan guru sehingga membuat mereka tidak memahami pelajaran yang disampaikan, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Penerapan Disiplin Kehadiran Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Pontianak. 2) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam PenerapanDisiplin Berpakaian Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah(MTs) Negeri 2 Pontianak. 3) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam PenerapanDisiplin Belajar di Kelas Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah(MTs) Negeri 2 Pontianak. Sumber data dalam penelitian ini adalah Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Dalam Penerapan Disiplin Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif. Dengan menggunakan tektnik Alat Pengumpulan Data wawancara, dokumentasi, Teknik Analisis Data:Reduksi data, penyajian data, Menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik uji keabsahan data yang digunakan adalah: triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Penerapan Disiplin Kehadiran Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Pontianak dilakukan dengan cara: siswa yang datang terlambat maka akan diberikan sanksi yaitu dikumpulkan di lapangan dan membaca Al-Quran satu juz dan menghafal surah-surah pendek, sedangkan siswa yang datang terlambat secara terus-menerus akan dipanggil ke ruangan BK dengan adanya sanksi tersebut diharapkan siswa dapat belajar disiplin juga ada ilmunya dengan menghafal surah-surah pendek. 2) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Penerapan Disiplin Berpakaian Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Pontianak dilakukan dengan cara: pertama diberikan peringatan kemudian dipanggil siswa tersebut untuk berpakaian rapi, memakai pakaian atribut lengkap yang diberikan sekolah dan tidak mengeluarkan baju saat berada di ligkungan sekolah. Bagi siswa yang melanggar aturan tersebut maka akan diberikan sanksi sesuai yang ditetapkan oleh sekolah. 3) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Penerapan Disiplin Belajar di Kelas Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Pontianak dilakukan dengan cara: siswa yang tidak mengerjakan tugas akan diingatkan untuk mengerjakan tugasnya, dan jika siswa tersebut sudah diingatkan tetap masih tidak mengerjakan maka akan diberikan sanksi yaitu harus menyelesaikan tugasnya dengan diberikan batas waktu pengumpulan atau guru menyuruh siswa mengerjakan tugas diluar kelas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.title PERAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PENERAPAN DISIPLIN SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account