PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNAGRAHITA KELAS X DI SMALB-C DHARMA ASIH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor KHAIRAWATI
dc.contributor.advisor Nurul Wahidah, Andina
dc.contributor.author ANISA, NUR
dc.date.accessioned 2023-01-18T09:54:33Z
dc.date.available 2023-01-18T09:54:33Z
dc.date.issued 2021-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2115
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) Kelas X di SMALB-C Dharma Asih Pontianak, dengan sub penelitian yaitu; 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Evaluasi pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data, peneliti memilih teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI kelas X, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini ialah dokumen-dokumen seperti; silabus dan RPP. Teknik analisis data yang digunakan adalah model pattern matching. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi sumber yang membandingkan data-data atau informasi hasil wawancara dengan data yang diperoleh melalui sumber lain. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa; 1) Perencanaan pembelajaran PAI bagi siswa tunagrahita kelas X di SMALB-C SLB Dharma Asih Pontianak yang dilakukan guru ialah menggunakan RPP reguler dengan penyesuaian atau pengurangan materi yang diajarkan. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI bagi siswa tunagrahita kelas X di SMALB-C SLB Dharma Asih Pontianak ialah menggunakan pendekatan individual yang diawali dengan membuka pelajaran yang diawali dengan membaca doa bersama dan bernyanyi bersama. Bernyanyi dimaksudkan oleh guru sebagai motivasi awal, menyampaikan tujuan pembelajaran, penyampaian materi kepada siswa tunagrahita secara individual dan berulang-ulang, memberikan metode serta media yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa tunagrahita seperti media audio visual dengan metode demontrasi. 3) Evaluasi pembelajaran PAI bagi siswa tunagrahita kelas X dilakukan dengan teknis tes dan non tes. Teknik tes dilakukan menggunakan tes tertulis, dan tes lisan. Tes tertulis diberikan pada setiap akhir semester bertujuan untuk mengukur keberhasilan siswa secara menyeluruh terhadap materi. Tes lisan dilakukan pada hari-hari biasa siswa belajar, namun pada masa pandemi covid-19 guru memberikan evaluasi berupa perintah untuk menghafal rukun-rukun haji dan umrah. Selanjutnya evaluasi non tes dilakukan dengan mengamati perkembangan kemampuan siswa berkomunikasi kepada guru melalui pembelajaran daring. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Tunagrahita en_US
dc.title PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNAGRAHITA KELAS X DI SMALB-C DHARMA ASIH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account