dc.description.abstract |
Judul ini diambil karena peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian guna
mengidentifikasi lebih lanjut serta mengetahui lebih jelas mengenai proses
Peranan Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Dalam Upaya Perubahan Akhlak
santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Kuala II kab. Kubu Raya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang Peranan
Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Dalam Upaya Perubahan Akhlak santri di
Pondok Pesantren Darul Ulum Kuala II kab. Kubu Raya.
Metode yang peneliti gunakan metode penelitian kualitatif dan metode jenis
studi kasus. Data yang diambil data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Darul Ulum Kuala II Kubu
Raya.
Dalam pelaksanaan pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok
Pesantren Darul Ulum pada kelas Marhala II, pendidik membuka pembelajaran
dengan salam kemudian menyampaikan materi pembelajaran dan menutup
pembelajaran. Dalam penerapan pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim, Ustadz
menggunakan metode ceramah, yaitu dengan menyampaikan materi kemudian
memberikan contoh dalam pembelajaran. Selain pembelajaran Kitab Ta’lim
Muta’alim di kelas Marhala, adapun juga pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim
yang diampuh langsung oleh pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum Kuala II.
Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim menghasilkan perubahan akhlak santri
di pondok Pesantren Darul Ulum:
Akhlak santri di dalam kelas diantaranya: Sikap Ta’dzim (Rasa Hormat),
yakni rasa hormat terhadap Guru/Ustadz seperti para santri masuk ke ruang kelas
terlebih dahulu dan berdoa seblum ustadz datang. Sikap Disiplin, Contohnya
ketetapan santri Darul Ulum ketika masuk kedalam kelas sebelum pembelajaran
dimulai. opan Santun, contohnya jika bertemu guru/ustad mengucapkan salam,
senyum dan bersalaman dengan mencium tangannya. Sikap Tanggung Jawab,
Contohnya mengerjakan dan mengumpulkam tugas yang diberikan oleh beberapa
guru dengan tepat waktu. Sikap percaya diri, contohnya berani bertanya dan
menyatakan pendapat, mempunyai mental saat tampil di depan kelas.
akhlak santri di luar kelas yakni Santri Darul Ulum di pondok pesantren yang
masih memegang sopan santun dan menghormati para guru/ustad, dengan
mempertahankan budaya 4 S (senyum, sapa, salam, salaman).
Akhlak santri terhadap tata tertib Pondok Pesantren, Para santri mematuhi
peraturan yang berlaku, seperti berpakain sopan, bersih dan rapi pada saat
sekolah, ujian, menemui guru, serta kegiatan lain di pondok pesantren. Menjaga
lingkungan pondok bersih dan rapi terutama di lingkungan kelas dan asrama santri
putra. |
en_US |