PERANAN PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM DALAM UPAYA PERUBAHAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KUALA II KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2019-2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor RAHMATULLAH, MUHAMMAD
dc.contributor.advisor Sukino
dc.contributor.author TRI BAGUS, YAKUB
dc.date.accessioned 2023-01-18T07:46:21Z
dc.date.available 2023-01-18T07:46:21Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2104
dc.description.abstract Judul ini diambil karena peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian guna mengidentifikasi lebih lanjut serta mengetahui lebih jelas mengenai proses Peranan Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Dalam Upaya Perubahan Akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Kuala II kab. Kubu Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang Peranan Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Dalam Upaya Perubahan Akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Kuala II kab. Kubu Raya. Metode yang peneliti gunakan metode penelitian kualitatif dan metode jenis studi kasus. Data yang diambil data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Darul Ulum Kuala II Kubu Raya. Dalam pelaksanaan pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Darul Ulum pada kelas Marhala II, pendidik membuka pembelajaran dengan salam kemudian menyampaikan materi pembelajaran dan menutup pembelajaran. Dalam penerapan pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim, Ustadz menggunakan metode ceramah, yaitu dengan menyampaikan materi kemudian memberikan contoh dalam pembelajaran. Selain pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim di kelas Marhala, adapun juga pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim yang diampuh langsung oleh pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum Kuala II. Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim menghasilkan perubahan akhlak santri di pondok Pesantren Darul Ulum: Akhlak santri di dalam kelas diantaranya: Sikap Ta’dzim (Rasa Hormat), yakni rasa hormat terhadap Guru/Ustadz seperti para santri masuk ke ruang kelas terlebih dahulu dan berdoa seblum ustadz datang. Sikap Disiplin, Contohnya ketetapan santri Darul Ulum ketika masuk kedalam kelas sebelum pembelajaran dimulai. opan Santun, contohnya jika bertemu guru/ustad mengucapkan salam, senyum dan bersalaman dengan mencium tangannya. Sikap Tanggung Jawab, Contohnya mengerjakan dan mengumpulkam tugas yang diberikan oleh beberapa guru dengan tepat waktu. Sikap percaya diri, contohnya berani bertanya dan menyatakan pendapat, mempunyai mental saat tampil di depan kelas. akhlak santri di luar kelas yakni Santri Darul Ulum di pondok pesantren yang masih memegang sopan santun dan menghormati para guru/ustad, dengan mempertahankan budaya 4 S (senyum, sapa, salam, salaman). Akhlak santri terhadap tata tertib Pondok Pesantren, Para santri mematuhi peraturan yang berlaku, seperti berpakain sopan, bersih dan rapi pada saat sekolah, ujian, menemui guru, serta kegiatan lain di pondok pesantren. Menjaga lingkungan pondok bersih dan rapi terutama di lingkungan kelas dan asrama santri putra. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Kitab Ta’lim Muta’alim Akhlak Santri en_US
dc.title PERANAN PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM DALAM UPAYA PERUBAHAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KUALA II KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2019-2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account