PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SMA LUAR BIASA-C DHARMA ASIH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.author WIDIANA
dc.date.accessioned 2023-01-18T07:37:23Z
dc.date.available 2023-01-18T07:37:23Z
dc.date.issued 2020-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2103
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan penyampaian pelajaran harus di sesuaikan dengan kebutuhan anak tunagrahita agar anak tersebut dapat mudah menerima dan mengerti apa yang disampaikan oleh guru, metode yang digunakan dalam pembelajaran harus sesuai dengan kemampuan siswanya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun data dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru SMALB-C serta tata usaha di SMALB-C Dharma Asih Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan analisis pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan pemeriksaan triangulasi dan mengadakan member chek. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) dalam perencanaan pembelajaran bagi anak tunagrahita guru menyusun silabus, menyusun rencana program pembelajaran dan melakukan penilaian, menyiapkan segala media, strategi, metode, materi yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Persiapan sebelum mengajar guru mengatur tempat, tata ruang, tempat penyimpanan alat-alat pembelajaran, sirkulasi udara, serta pengaturan tempat duduk siswa. 2) Dalam proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMALB-C metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah, metode demontrasi, metode tanya jawab dan metode pengulangan,model pendekatannya dengan pendekatan individu dan kasih sayang. Strategi yang digunakan adalah strategi ekspositori dan strategi yang menyenangkan dengan bermain, menyanyi dan bercerita, dan menggunakan media papan tulis, imfokus, dan hp. Penekanan pembelajaran di SMALB-C lebih menekankan pada aplikasi praktik agar dapat meningkatkan pemahaman terhadap ajaran agama Islam serta dapat melaksanakan shalat dalam kehidupan sehari-hari. 3) Evaluasi hasil pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita dilakukan dengan teknis tes dan nos tes. Teknis tes dilakukan menggunakan tes tertulis, dan tes lisan. Tes tertulis diberikan pada setiap akhir semester, bertujuan untuk mengukur keberhasilan peserta didik secara menyeluruh terhadap materi. Tes lisan dilakukan pada hari-hari biasa siswa belajar, ini diberikan untuk mengetahui pemahaman terhadap pelajaran yang baru dipelajari. Selanjutnya evaluasi nontes dilakukan dengan pengamatan pada saat praktik ibadah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Tunagrahita en_US
dc.title PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SMA LUAR BIASA-C DHARMA ASIH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account