PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-KHAIRAT KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mi’an, Firdaus
dc.contributor.advisor Sulaiman
dc.contributor.author FATIMATUZZAHROH, SITI
dc.date.accessioned 2023-01-16T06:28:27Z
dc.date.available 2023-01-16T06:28:27Z
dc.date.issued 2021-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2065
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan pengelolaan kelas oleh guru yang menarik, yaitu dengan cara mengubah-ubah model tempat duduk siswa pada setiap pertemuan dan hal itu dilakukan pada setiap pertemuan maka dari itu pada setiap pertemuan model tempat duduk yang digunakan berbeda-beda dan cara guru menentukan model bentuk tempat duduknya juga menarik, akan tetapi metode dan media yang digunakan guru belum maksimal dan dalam menyampaikan materi guru seperti monoton hanya mendiktekan saja materinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tentang: 1) Cara guru melakukan penataan Ruang Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Al-Khairat Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Metode yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Al-Khairat Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Media yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Al-Khairat Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai sumber utama, dan sumber data penunjang yaitu siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Al-Khairat yang di tunjuk. Adapun bentuk penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskritif. Dengan menggunakan teknik alat pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisi data: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan tehnik uji keabsahan data yang digunakan adalah: triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Penataan ruang kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Al-Khairat Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah dilakukan oleh guru dengan cara: mengarahkan siswa mengatur ruang belajar sebelum pembelajaran dimulai dan menyiapkan sarana belajar. Selain itu guru mengubah model tempat duduk siswa pada setiap pertemuan dengan cara sebelum mengakhiri pelajaran guru mengguncang model tempat duduk yang akan digunakan pada pertemuan berikutnya, guru juga membimbing siswa untuk menjaga kebersihan dan keindahan kelas. 2) Metode yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Al-Khairat Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu guru menggunakan metode yang berbeda-beda pada setiap pertemuan dan metode serta strategi yang digunakan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. 3) Media yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Al-Khairat Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan tujuan ipembelajaran akan tetapi media yang digunakan belum maksimal dan apa adanya karena keterbatasan media yang disediakan sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.title PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-KHAIRAT KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account