PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam
dc.contributor.advisor NELLY
dc.contributor.author ASIAH, SITI
dc.date.accessioned 2023-01-16T06:21:14Z
dc.date.available 2023-01-16T06:21:14Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2064
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini secara khusus yaitu untuk mendeskripsikan; 1) pemikiran pendidikan Islam Syed Naquib Al-Attas mengenai Kurikulum Pendidikan Islam, 2) pemikiran pendidikan Islam Syed Naquib Al-Attas mengenai Metode Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji buku-buku karya Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Analisis data menggunakan metode Content Analisis. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1) Al-Attas menungkapakan bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yakni al-insan al-kamil ialah dengan menggunakan konsep ta’dib dalam kurikulum Pendidikan Islam karena tujuan dari pendidikan Islam Adalah penanaman adab pada diri peserta didik karen ilmu yang diperoleh harus sejalan dengan amal dan perbuatan, 2) metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode metafora dan cerita sebagai efektivitas dalam penyampaian materi kepada peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Syed Muhammad Naquib Al-Attas en_US
dc.subject Kurikulum en_US
dc.subject Metode en_US
dc.title PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS en_US
dc.title.alternative TELAAH KURIKULUM DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account