dc.contributor.advisor |
Rustam |
|
dc.contributor.advisor |
NELLY |
|
dc.contributor.author |
ASIAH, SITI |
|
dc.date.accessioned |
2023-01-16T06:21:14Z |
|
dc.date.available |
2023-01-16T06:21:14Z |
|
dc.date.issued |
2022-09 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2064 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini secara khusus yaitu untuk mendeskripsikan; 1)
pemikiran pendidikan Islam Syed Naquib Al-Attas mengenai Kurikulum
Pendidikan Islam, 2) pemikiran pendidikan Islam Syed Naquib Al-Attas mengenai
Metode Pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu
pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji buku-buku karya Syed
Muhammad Naquib Al-Attas. Analisis data menggunakan metode Content
Analisis.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1) Al-Attas menungkapakan
bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yakni al-insan al-kamil ialah
dengan menggunakan konsep ta’dib dalam kurikulum Pendidikan Islam karena
tujuan dari pendidikan Islam Adalah penanaman adab pada diri peserta didik
karen ilmu yang diperoleh harus sejalan dengan amal dan perbuatan, 2) metode
yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode metafora dan cerita sebagai
efektivitas dalam penyampaian materi kepada peserta didik. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN PONTIANAK |
en_US |
dc.subject |
Pendidikan Islam |
en_US |
dc.subject |
Syed Muhammad Naquib Al-Attas |
en_US |
dc.subject |
Kurikulum |
en_US |
dc.subject |
Metode |
en_US |
dc.title |
PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS |
en_US |
dc.title.alternative |
TELAAH KURIKULUM DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |