PEMANFAATAN SURAU OLEH GURU SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH NURUL JADID SIANTAN PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.author AZIZAH, NUR
dc.date.accessioned 2022-12-29T03:01:53Z
dc.date.available 2022-12-29T03:01:53Z
dc.date.issued 2019-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1946
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa adanya fenomena tentang terabaikannya fungsi masjid atau surau. Semestinya fungsi Surau adalah selain menjadi semacam tempat belajar mengaji Al-Qur’an, belajar agama, tempat upacara-upacara yang berkaitan dengan agama, tempat suluk,tempat berkumpul dan tempat berapat. Surau tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat menuntut ilmu dan beribadah, tetapi juga digunakan sebagai tempat bersosialisasi serta mempelajari kebudayaan. Seiring berjalannya waktu, terdapat perubahan fungsi surau didalam masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang : 1. Cara memanfaatkan Surau oleh guru sebagai sarana pembelajaran pada mata pelajaran fiqih. 2. Kendala dalam memanfaatkan Surau oleh guru sebagai sarana pembelajaran pada mata pelajaran fiqih. 3. Cara mengatasi kendala dalam memanfaatkan Surau oleh guru sebagai sarana pembelajaran pada mata pelajaran fiqih. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya pimpinan madrsah, ustadz dan siswa melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dengan proses kerjanya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan trianggulasi dan member chekyang disusun secara sistematis, Faktual dan Aktual. Adapun hasil penelitiannya 1) Cara guru dalam memanfaatkan Surau sebagai sarana pembelajaran pada mata pelajaran fiqih: guru atau para pengajar telah memanfaatkan surau sebagai sarana pembelajaran dengan individu dan kelompok tentang mata pelajaran fiqih dengan materi teroritik dan praktek seperti sholat, wudhu dan praktek adzan bagi ikhwan atau kaum laki-laki. 2) Kendala guru dalam memanfaatkan Surau Sebagai Sarana Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih terdiri dari faktor internal yaitu seperti murid yang seringkali ribut tidak mau mendengarkan ketika gurunya menjelaskan sehingga proses pembelajaran menjadi tidak kondusif, sedangkan faktor eksternal seperti mayarakat yang acuh tak acuh dengan surau ditempat tinggal mereka dan kurang mendukung, seperti ketika ada kerusakan dalam sarana dan prasarana kurang cepat bergerak; 3) untuk mengatasi kendala tersebut dalam memanfaatkan surau Sebagai Sarana Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih: yaitu antara lain dengan meminta bantuan guru lain untuk membantu saat mengajar. Selain itu para guru juga bersosialisasi pada masyarakat setempat dan musyawarah bersama agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan nyaman. Sedangkan masalah kurangnya waktu pembelajaran guru meminta penambahan jam pelajaran untuk materi prakteknya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pemanfaatan Surau en_US
dc.subject Pembelajaran Fiqih en_US
dc.subject Madrasah Diniyah en_US
dc.subject Salafiyah Nurul Jadid en_US
dc.title PEMANFAATAN SURAU OLEH GURU SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH NURUL JADID SIANTAN PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account