INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DAN TANGGUNG JAWAB OLEH GURU AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’ARIF NU PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati
dc.contributor.advisor Arifudin
dc.contributor.author JUNIAMANTI, NOPI
dc.date.accessioned 2022-12-28T09:51:32Z
dc.date.available 2022-12-28T09:51:32Z
dc.date.issued 2021-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1940
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya nilai karakter religius dan tanggung jawab siswa. Hal ini ditandai dengan siswa tidak membaca doa saat mulai pembelajaran maupun akhir pembelajaran, tidak melaksanakan sholat, tidak menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, dan berbicara tidak sopan kepada teman. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tentang: 1) Proses Internalisasi Karakter Religius Oleh Guru Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs. Al-Ma’arif NU Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Proses Internalisasi Karakter Tanggung Jawab Oleh Guru Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs. Al-Ma’arif NU Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Apa Saja Kendala Proses Internalisasi Karakter Religius dan Tanggung Jawab Oleh Guru Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Al- Ma’arif NU Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs. Al-Ma’arif NU Pontianak. Adapun bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik alat pengumpulan data: wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan tekhnik uji keabsahan data yang digunakan adalah: triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Proses internalisasi karakter religius oleh guru akidah akhlak kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif NU Pontianak tahun pelajaran 2020/2021 dilakukan dengan cara: berdo’a sebelum mulai dan sesudah selesai pembelajaran, karena daring sebelum mulai belajar cukup membaca surah Al-Fatihah dan sesudah belajar membaca surah Al-Ashr. Selain itu, melaksanakan shalat ashar berjama’ah. Jika guru dapat laporan dari orang tua siswa jika mereka tidak melaksanakan sholat sanksi yang diberikan yaitu dengan siswa mengirimkan pesan suara bacaaan istighfar sebanyak 100 kali dan menghafal surah-surah pendek. 2) Proses internalisasi karakter tanggung jawab oleh guru akidah akhlak kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif NU Pontianak tahun pelajaran 2020/2021 dilakukan dengan cara: menyelesaikan tugas tepat waktu. Ketika siswa belum menyelesaikan tugasnya hukuman yang diberikan yaitu dengan mengurangi nilai siswa atau memberi tugas tambahan. Selain itu, mengucapkan kata-kata yang halus dan baik. Ketika dalam grup wa biasa mereka masih ada yang menggunakan kata-kata kasar pada temannya langsung ditegur bahwa tidak boleh menggunakan kata-kata kasar karena kata- kata kasar seperti itu tidak baik. 3) Kendala proses internalisasi karakter religius dan tanggung jawab oleh guru akidah akhlak kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif NU Pontianak tahun pelajaran 2020/2021 yakni: kendalanya yang pertama yaitu jarak, karena kebijakannya belum boleh bertemu. Yang kedua adalah sarana dan prasarana yang dimiliki orang tua. Yang ketiga adalah anak yang kurang mampu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Internalisasi en_US
dc.subject Karakter religius en_US
dc.subject Tanggung jawab en_US
dc.title INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DAN TANGGUNG JAWAB OLEH GURU AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’ARIF NU PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account