UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI MADRASAH ALIYAH AR-RAUDHATUL ISLAMIYAH PENITI LUAR KECAMATAN JONGKAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.author MUHAMMADIYAH
dc.date.accessioned 2022-12-28T02:47:03Z
dc.date.available 2022-12-28T02:47:03Z
dc.date.issued 2020-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1935
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan berkuranganya kedisiplinan dalam diri siswa dalam melaksanakan shalat terutama pelaksanaan shalat berjama’ah. Berdasarkan hal ini maka peneliti ingin mengkaji upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah di MA Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : untuk mengetahui dan mendapatkan data tentang (1) Bagaimana langkah-langkah guru meningkatkan kedisiplinan peserta didik melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah di MA Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar Kecamatan Jongkat Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) apa saja faktor pendukung guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah di MA Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar Kecamatan Jongkat Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) Apa saja hambatan guru rumpun PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan shalat dzuhur berjama’ah (persepsi guru rumpun PAI) di MA Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak dan SKI (Bapak Syamsurani, S.Pd.I), guru fikih (Bapak M. Bakron, S.Ag) dan guru Qur’an Hadis (Ibu Nengsih, S.Pd.I) serta peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung. Untuk mengolah keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian tentang upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah di MA Ar-Raudhatul Islamiyah Peniti Luar. (1) langkah-langkah guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah yaitu membuat aturan dan tata tertib pelaksanaan shalat Dzuhur, memberikan motivasi, memberikan contoh atau teladan, pemberitahuan, pengawasan, peringatan dan hukuman. (2) Faktor pendukung meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah yaitu faktor kesadaran, penggunaan absen shalat dan masjid yang digunakan cukup luas. (3) Faktor penghambat yaitu faktor kesadaran, faktor waktu, faktor lingkungan dan faktor alam. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya en_US
dc.subject Kedisiplinan en_US
dc.subject Shalat Dzuhur Berjama’ah en_US
dc.title UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI MADRASAH ALIYAH AR-RAUDHATUL ISLAMIYAH PENITI LUAR KECAMATAN JONGKAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account