| dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemandirian belajar siswa
di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak kota; (2) pemanfaatan perpustakaan
sekolah di SMP Muhammadiyah 2 Pontiannak Kota; (3) prestasi belajar PAI
siswa di SMP Muhammadiyah 2 Pontiannak Kota; (4) pengaruh kemandirian
belajar terhadap prestasi belajar PAI di SMP Muhammadiyah 2; (5) pengaruh
kemandirian terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMP
Muhammadiyah 2; (6) pengaruh kemandirian belajaar dan pemanfaatan
perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar PAI di SMP Muhammadiyah 2
Pontianak Kota.
Penelitian kuantatif dengan desain korelasional, sumber data penelitian
ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yaitu: data primer adalah data
yang diperoleh melalui nilai ulangan siswa yang didapat dari guru mata
pelajaran PAI sedangkan data sekunder yang disebarkan melalui angket
kepada 38 siswa dan sedangkan untuk menganalisis data menggunakan regresi
dan uji parsial.
Dapat disimpulkan bahwa kemandirian di SMP Muhammadiya meliki
rata-rata 67.76 ini berarti SMP Muhammadiyah terbilang sering belajar
mandiri. Pemanfaatan perpustakaan sekolah memiliki nilai rata-rata 82.16
dalam hal ini SMP Muhammadiyah sering memanfaatkan perpustakaan pasa
saat jam kosong dan jam istirahat, sedangkan prestasi belajar di SMP
Muhammadiyah pada pelajaran PAI yang mendapat nilai 75-79 sebanyak 20
orang dan mendapat nilai 80-90 sebanyak 18 orang bahwa nilai ulangan
harian siswasudah mencapai KKM.
Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar PAI diperoleh
(0,611>0,05) hal ini berarti bahwa variabel “kemandirian belajar tidak
signifikan. Pengaruh kemandirian belajar terhadap pemanfaatan perpustakaan
sekolah diperoleh (0,388>0,05), hal ini berarti bahwa kemandirian belajar
tidak signifikan. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan
Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar PAI di SMP Muhammadiyah
2 dengan nilai adjusted R square sebesar 0,28(0,28%). |
en_US |