dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1). nilai-nilai
Pendidikan Islam yang ada dalam Al-qur’an surat al-Alaq ayat 1-5 menurut
Tafsir al-Misbah. 2). iplementasi nilai-nilai pendidikan Islam surah al-alaq
ayat 1-5 menurut tafsir al-misbah dalam pembelajaran pendidikan
kewargangaraan (PKn). Peneliti menggunakan jenis penelitian studi pustaka
dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Adapun untuk
memperoleh data yang berkaitan dengan fokus dan tujuan penelitian, peneliti
memilih tehnik mengumpulan data yaitu tehnik wawancara dan dokumentasi.
Yang menjadi sumber data adalah guru mata pelajaran PKn dan Pai MTs
Islamiyah Pontianak tahun ajaran 2020/2021 dan buku tafsir al-misbah
volume 15.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan
bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam adalah suatu usaha secara sadar dan
terencana serta berkelanjutan, yang memiliki sifat timbal balik antara
pendidik dan peserta didik, dengan tujuan mencerdaskan serta membentuk
akhlak yang baik. Nilai-nilai pendidikan Islam merupakan sesuatu yang
bersifat dasar, dan harus ada. Juga harus di ajarkan serta harus di amalkan.
Dalam Alquran Surat al-Alaq ayat 1-5, terdapat beberapa nilai-nilai
pendidikan Islam. yaitu nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan syariah, dan
nilai pendidikan akhlak. Ketiganya memiliki tujuan yang berbeda namun
saling berkesinambungan, antara lain: nilai pendidikan aqidah untuk
memperkuat keyakinan dan keimanan, nilai pendidikan syariah sebagai
pedoman untuk memudahkan menjalankan perintah Allah, dan nilai
pendidikan akhlak sebagai Implementasi dari menjalankan perintah-Nya. 2)
Al-qur’an surah al-Alaq ayat 1-5 memiliki beberapa nilai-nilai pendidikan
yang bisa diterapkan pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, mas-
ing-masing ayat surah al-Alaq dari ayat 1-5 mengandung nilai pendidikan,
maka dari itu guru menerapkan masing-masing nilai yang terkandung dalam
surah al-Alaq tersebut kedalam pembelajaran. Ayat pertama surah al-Alaq
terkandung nilai pendidikan akidah dan akhlak, ayat kedua terkandung nilai
akidah dan syariah, ayat ketiga terkandung nilai pendidikan akidah, syariah
dan akhlak, ayat keempat terkandung nilai Pendidikan akhlak dan ayat kelima
juga terkandung nilai pendidikan akhlak. Sedangkan dalam penerapannya
guru pendidikan kewarganegaraan sudah sangat baik dalam penerapan nilai
pendidikan yang terkandung dalam setiap ayat. |
en_US |