dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) bagaimana peserta
didik menggali potensi belajar dalam meningkatkan kualitas belajar pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam.; 2) aspek-aspek potensi belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 4 Pontianak Timur.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini
terdiri dari siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Pontianak Timur yang mengikuti
mata pelajaran PAI. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
teknik wawancara.
Berdasarkan temuan penelitian, peserta didik menggali potensi belajar
dalam meningkatkan kualitas belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dikategorikan ‘cukup baik’ karena guru dalam melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan perencanaan yang disusun oleh guru mulai dari pembukaan dengan
salam dan doa hingga pembelajaran selesai. Kemudian dalam penetapan sumber
belajar, guru masih menggunakan buku paket yang disediakan oleh pihak sekolah.
Selanjutnya dalam penggalian potensi belajar peserta didik, siswa kelas VII A
SMP Negeri 04 Pontianak Timur melakukannya sesuai dengan apa yang
diinstruksikan oleh guru. Disamping itu, peserta didik tetap berkreativitas dalam
proses pembelajaran, terlebih saat belajar di rumah pada tahapan pengerjaan tugas
yang diberikan guru. Aspek-aspek potensi belajar siswa. Guru memiliki peran
vital dalam memanfaatkan aspek-aspek yang ada agar potensi belajar siswa dalam
meningkatkan kecerdasan yang dimiliki bisa dimaksimalkan, melalui proses
pembelajaran yang dilakukan di kelas kreativitas yang dimiliki siswa dituntun dan
diarahkan agar aspek-aspek yang ada bisa memeberikan dampak pada proses
belajar yang dilakukan oleh siswa. |
en_US |