UPAYA MENGGALI POTENSI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 04 PONTIANAK TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.advisor YAPANDI
dc.contributor.advisor Susanto, Riski
dc.contributor.author FALAHI, ILHAM
dc.date.accessioned 2022-12-14T03:46:38Z
dc.date.available 2022-12-14T03:46:38Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1918
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) bagaimana peserta didik menggali potensi belajar dalam meningkatkan kualitas belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.; 2) aspek-aspek potensi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 4 Pontianak Timur. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Pontianak Timur yang mengikuti mata pelajaran PAI. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik wawancara. Berdasarkan temuan penelitian, peserta didik menggali potensi belajar dalam meningkatkan kualitas belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikategorikan ‘cukup baik’ karena guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang disusun oleh guru mulai dari pembukaan dengan salam dan doa hingga pembelajaran selesai. Kemudian dalam penetapan sumber belajar, guru masih menggunakan buku paket yang disediakan oleh pihak sekolah. Selanjutnya dalam penggalian potensi belajar peserta didik, siswa kelas VII A SMP Negeri 04 Pontianak Timur melakukannya sesuai dengan apa yang diinstruksikan oleh guru. Disamping itu, peserta didik tetap berkreativitas dalam proses pembelajaran, terlebih saat belajar di rumah pada tahapan pengerjaan tugas yang diberikan guru. Aspek-aspek potensi belajar siswa. Guru memiliki peran vital dalam memanfaatkan aspek-aspek yang ada agar potensi belajar siswa dalam meningkatkan kecerdasan yang dimiliki bisa dimaksimalkan, melalui proses pembelajaran yang dilakukan di kelas kreativitas yang dimiliki siswa dituntun dan diarahkan agar aspek-aspek yang ada bisa memeberikan dampak pada proses belajar yang dilakukan oleh siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Potensi en_US
dc.subject Belajar en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title UPAYA MENGGALI POTENSI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 04 PONTIANAK TIMUR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account