PENERAPAN KETERAMPILAN MELAKUKAN VARIASI MENGAJAR OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 06 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Budiyono
dc.contributor.author EFPRIYANTI, HESY
dc.date.accessioned 2022-12-13T03:30:16Z
dc.date.available 2022-12-13T03:30:16Z
dc.date.issued 2022-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1915
dc.description.abstract Guru mata pelajaran pendidikan agama Islam belum sepenuhnya menerapkan maupun memvariasikan gaya mengajar ketika berada di dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap : 1 ) penerapan keterampilan melakukan variasi mengajar oleh guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas XI MIPA SMA Negeri 06 Pontianak, 2 ) penerapan keterampilan melakukan variasi dalam pola interaksi oleh guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas XI MIPA SMA Negeri 06 Pontianak. Jalan Tani Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan Agama Islam SMA Negeri 06 Pontianak. Peneliti menggunakan analisis data model interaktif sebagai berikut : pengumpulan data, reduksi data, penyajian (display) data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data triangulasi dan member check. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pertama, penggunaan variasi suara, intonasi suara yang tinggi saat guru menasehati atau menegur siswa yang tidak memperhatikan guru menjelaskan ataupun temannya yang sedang presentasi, volume suara guru yang dilakukan menyesuaikan dengan keadaan dan situasi mengajar. Variasi mimik wajah yaitu perubahan ekspresi wajah saat menjelaskan, menasehati, dan bercanda dengan siswa, sedangkan gerakan tangan guru pada saat menjelaskan, perubahan posisi terkadang dilakukan terkadang tidak, sedang kesenyapan, kontak pandang sudah dilakukan dengan baik; Kedua menggunakan metode ceramah secara lisan dan sekaligus memperhatikan siswa ada didalam kelas, sesekali guru menegur siswa yang kurang memperhatikan saat menjelaskan. Sedangkan penerapan pola interaksi dua arah guru menggunakan metode tanya jawab, dan yang terakhir penerapan pola interaksi multi arah guru menggunakan metode diskusi. Secara umum, penerapan keterampilan melakukan variasi gaya mengajar dan pola interaksi mengajar oleh guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas XI MIPA di SMAN 06 Pontianak telah dilakukan dengan baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject penerapan en_US
dc.subject keterampilan en_US
dc.subject variasi mengajar en_US
dc.title PENERAPAN KETERAMPILAN MELAKUKAN VARIASI MENGAJAR OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 06 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account