dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini secara khusus adalah untuk
mengetahui 1) Kondisi sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Khulafaur
Rasyidin. 2) Standar Nasional Pendidikan terhadap sarana dan prasarana pada
jenjang Madrasah Aliyah. 3)Upaya Madrasah dalam meningkatkan sarana dan
prasarana pendidikan MA Khulafaur Rasyidin.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder,
yaitu: 1) Sumber data primer adalah data yang di ambil dari Kepala Madrasah dan
Waka Sapras, 2) sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen pendukung
yang peneliti dapatkan di MA Khulafaur Rasyidin.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan: 1)
Kondisi Sarana dan Prasarana pendidikan di MA Khulafaur Rasyidin yaitu
Kondisi Lahan, Kondisi Sapras, Kondisi Perabot kelas di MA Khulafaur Rasyidin
telah memenuhi Permendiknas No.24 Tahun 2007),2) Standar Nasional
Pendidikan untuk sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah mengacu pada
Permendiknas No.24 Tahun 2007 yaitu ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang
laboratorium biologi, ruang laboratorium fisika,ruang laboratorium kimia, ruang
laboratorium computer, ruang laboratorium Bahasa, ruang pimpinan, ruang guru,
ruang tata usaha, tempat beribadah, ruang konseling, ruang UKS, ruang organisasi
keiswaan, jambam, gudang, ruang sirkulasi, temopat bermain atau olahraga. 3)
Upaya madrasah dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di
Madrasah Aliyah Khulafaur Rasyidin telah dilakukan dengan membangun
ruangan kelas, meningkatkan sarana dan prasarana yang lainnya dan
meningkatkan pemasukan pembiayaan yang tepat dan efesien untuk pengelolaan
di madrasah. |
en_US |