UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL JADID SUNGAI AMBANGAH KUMPAI BESAR KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhtifah, Lailial
dc.contributor.advisor Agung Prakoso, Imam
dc.contributor.author SUSANA, DEVI
dc.date.accessioned 2022-12-08T13:54:44Z
dc.date.available 2022-12-08T13:54:44Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1901
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya nilai siswa mata pelajaran fiqih, kurang semangat siswa dalam belajar, kurangnya minat siswa dalam belajar, bagi siswa yang pasif cendrung mengantuk, siswa sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya,IQ siswa yang berbeda-beda serta fasilitas dan media yang kurang lengkap. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tentang: 1) Upaya Guru Dalam merencanakan pemebelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Jadid Sungai Ambangah Kumpai Besar Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Faktor Pendukung Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Jadid Sungai Ambangah Kumpai Besar Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Faktor Penghambat Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Jadid Sungai Ambangah Kumpai Besar Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI Di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Sungai Ambangah Kumpai Besar Kubu Raya. Adapun bentuk penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskritif. Dengan menggunakan tehnik alat pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisi data: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan tehnik uji keabsahan data yang digunakan adalah: triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Jadidi Sungai Ambangah Kumpai Besar Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021 dilakukan dengan cara: membuat RPP, guru menggunakan metode dalam pembelajaran, dan melakukan evaluasi dalam pembelajaran. 2) faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Jadid Sungai Ambangah Kumpai Besar Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu siswa yang sedikit sehingga mudah diatur, kurikulum yang sudah maksimal, adanya buku LKS untuk belajar siswa dan guru yang sudah berkompeten, adanya perpustakan, dan adanya kerjasama dengan wali siswa untuk memantau siswa agar belajar dirumah.. 3) Faktor Penghambat Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Jadid Sungai Ambangah Kumpai Besar Kubu Raya Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu: faktor internal (dalam) yang timbul dari diri individual itu sendiri kurang tanggap siswa dalam pembelajaran, kurangnya minat siswa dalam belajar, IQ siswa yang berbeda-beda, serta masih ada siswa yang sering bolos sekolah. Sedangkan faktor eksternal (luar) yaitu kurangnya jam pembelajaran, keterbatasan akses internet, serta fasilitas dan media pembelajaranyang kurang memadai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.title UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURUL JADID SUNGAI AMBANGAH KUMPAI BESAR KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account