dc.description.abstract |
Pengembangan merupakan suatu usaha untuk peningkatan
kemampuan seseorang dalam rangka menjadi lebih sesuai dan cocok dengan
kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat memperoleh kemampuan untuk
mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaan yang memuaskan. Pengembangan
juga suatu proses untuk menjadikan potensi yang ada menjadi sesuatu yang
lebih baik dan berguna. Kendala merupakan suatu hal yang menghalang
/rintangan serta menghalangi atau mencegah pencapaian sasaran, dalam hal
ini kendala yang terjadi dalam pembelajaran.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian
ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer
adalah kordinator kegiatan praktik bacaan shalat dan tahfidz, guru pengajar
praktik bacaan shalat dan siswa di MTs TI Al-Madani Pontianak. 2) Sumber
skunder adalah buku-buku, kartu hafalan bacaan shalat siswa, absen dan
buku penilaian, literatur yang sesuai dengan objek penelitian, skripsi yang
relevan dengan penelitian ini, serta hasil wawancara yang terkait dengan
penelitian ini. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah
teknik wawancara dan dokumentasi
Hasil penelitian ini menunjukan pengembangan metode drill pada
bacaan praktik shalat yang dilaukan oleh guru yaitu, Pertama, memisahkan
siswa yang sudah paham atau yang kurang paham dalam praktik bacaan
shalat. Kedua, membuat dua kelompok yakni kelompok besar dan kelompok
kecil. Ketiga, siswa yang pandai dalam praktik bacaan shalat di masukan
pada kelompok kecil dan siswa yang masih kurang paham dalam bacaan
praktik shalat di pindahkan kekelompok besar. Keempat, kelompok kecil itu
dihitung dulu ada beberapa di kelompok kecil itu ada 4 orang dan jumlah
kelompok besar ada 16 orang jadi kelompok kecil itu di pecah lagi dan
membentuk kelompok lagi sehingga masing-masing kelompok yang baru 5
orang jadi setiap kelompok itu memberikan contoh serta menyimak bacaan
shalat siswa yang lain. |
en_US |